Tips Pembersihan Tangan Terbaik

October 30, 2020 | Claudia

Mencuci tangan

Kuman penyebab penyakit, bisa menyebar melalui banyak hal, termasuk tangan kita. Di masa pandemi seperti ini, membersihkan tangan secara rutin merupakan hal penting, untuk mencegah kita tertular COVID-19. Tangan kita dipenuhi banyak sekali bakteri atau bahkan virus yang tak tampak oleh mata. Jika kita sering menyentuh mulut, hidung, atau mata kita dengan tangan yang kotor, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Jika Anda ingin menghindari infeksi, maka ada beberapa aturan umum mencuci tangan yang harus Anda ikuti, yakni:

Kapan waktu terbaik mencuci tangan?

Anda harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh area tubuh khususnya bagian wajah, dan sebelum beraktivitas lainnya. Tangan yang bersih akan menghambat penularan infeksi virus atau bakteri.

Bagaimana cara membersihkan tangan dengan baik?

YesDok Ads

Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup. Cara terbaik untuk membersihkan tangan Anda adalah dengan mencucinya di bawah air yang mengalir dan gunakan sabun. Gosok kedua tangan dengan benar, setidaknya selama 20-25 detik. Jangan lupa keringkan lagi tangan Anda sampai benar-benar kering.

Jika Anda kesulitan menemukan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan, maka sedialah selalu hand sanitizer ke mana pun Anda pergi. Ini dapat memabntu membunuh kuman yang bisa sebabkan penyakit. Pastikan hand sanitizer yang Anda gunakan mengandung alkohol minimal 70%, untuk memastikan kuman-kuman penyebab penyakit yang ada di tangan Anda benar-benar mati.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kebersihan kuku Anda. Kuku merupakan tempat tinggal kuman yang paling sering luput dari perhatian. Oleh sebab itu, Anda juga harus menjaga kuku Anda untuk tetap bersih. Jika semua ini Anda lakukan secara rutin, maka risiko tertular virus atau bakteri akan menjadi jauh lebih kecil.

(Foto: smithsoninanmag.com)

YesDok Ads