Tips Mudah Rayu Anak Makan Buah dan Sayur

April 26, 2019 | Dina

Sudah kewajiban orang tua untuk memberikan makanan yang bergizi untuk anak-anaknya. Salah satunya terdapat dalam buah dan sayur. Namun, hal yang dikeluhkan banyak orang tua adalah, saat Si Kecil tidak doyan makan buah dan sayur. Jangan terlebih dulu putus asa, para orang tua di era modern ini  bisa dengan mudak kok untuk mengubah anak susah makan sayur dan buah agar bisa menyukai makanan sehat tersebut.

Kenali Aneka Buah dan Sayur

Pola makan anak biasanya mengikuti orang tua. Jika sayuran dan buah-buahan tidak ada dalam menu keseharian di rumah, jangan harap anak Ibu mau memakannya. Biasanya anak-anak makan apa yang mereka ketahui. Dan mereka tidak akan meminta satu makanan khusus jika mereka tidak mengenalnya. Cara pengenalan makanan ke anak-anak pada dasarnya harus berulang-ulang, tetapi tetap menyenangkan

Berikan Kreasi Menarik

Agar anak semangat makan sayur dan buah, sebaiknya tampilannya juga dibikin menarik. Semisal, dengan membuat makanan menjadi karakter-karakter lucu. Brokoli bisa mengintimidasi seorang anak yang lebih suka makaroni atau keju.

YesDok Ads

Berikan dalam Porsi Kecil

Ini yang kadang dilupakan orang tua. Anda selalu memberikan makanan dalam porsi besar, dengan pemikiran agar anak cepat tumbuh besar. Cobalah menyodorkan buah dan sayur dalam porsi kecil. Dengan begitu anak tidak akan takut duluan karena harus menghabiskan seporsi besar makanan yang tidak disukainya.

Berikan Apresiasi pada Si Kecil

Menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan bagi si Kecil bisa mengurangi kecenderungan si Kecil memilih-milih makanan. Si Kecil tentu akan senang jika ia diberi hadiah saat mencoba satu gigitan sayuran atau buah-buahan yang sebelumnya ia tak suka. Di kemudian hari, si Kecil akan menganggap sayuran atau buah-buahan tersebut adalah makanan yang sehat. Sebab, hadiah biasanya berkaitan dengan sesuatu yang baik.

(foto: New York Times)

YesDok Ads