Tips Mudah Menyehatkan Rambut

May 30, 2019 | Claudia

Banyak orang mengeluhkan berbagai masalah rambut saat ini. Dari mulai rambut rontok, berketombe, bercabang, berminyak, dan lain-lain, hampir dialami oleh semua orang. Beberapa faktor memainkan peran penting dalam meningkatkan risiko kerusakan rambut, seperti polusi, paparan sinar matahari, debu, dan penggunaan bahan kimia yang berlebihan.

Dibutuhkan perawatan rambut rutin dan ekstra untuk mengatasi hal-hal semacam ini. Namun, jika pemakaian bahan kimia justru yang menjadi akar dari masalah di rambut dan kulit kepala Anda, maka beralihlah segera ke perawatan alami. Perawatan alami memang agak sedikit membutuhkan usaha lebih, jika dibandingkan hanya memakai produk yang sudah tersedia di pasaran. Namun, jika bicara khasiatnya, tentu perawatan alami juga tak kalah memberikan efek baik bahkan tanpa efek samping berbahaya pada rambut Anda.

Berikut ini tips menyehatkan rambut dengan perawatan alami yang bisa Anda tiru di rumah:

Masker madu dan minyak zaitun

Siapkan 2 sendok makan moisturizer, 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun. Masukan semua bahan ke dalam mangkuk bersih dan aduk hingga tercampur merata. Oleskan masker ke seluruh rambut dan bungkus rambut dengan shower cap. Setelah 20 menit, bilas kembali dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan campuran madu dan minyak zaitun untuk dioleskan ke rambut setelah keramas. Setelah 5 menit, cuci lagi rambut sampai bersih dengan sampo. Campuran ini bertugas seperti conditioner, yakni membuat rambut lebih kuat serta mendorong pertumbuhan rambut.

Pisang

YesDok Ads

Kandungan vitamin A, C dan E serta beberapa mineral lain dalam pisang, dapat membantu melembapkan juga menguatkan akar rambut Anda. Pisang juga dapat menolong Anda dari masalah kerontokan rambut yang menjengkelkan.

Siapkan, 1 buah pisang, 2 sendok makan yoghurt dan 2 sendok makan rose water. Haluskan pisang sampai membentuk seperti pasta tebal. Tambahkan yoghurt dan rose water dan aduk hingga tercampur merata.

Aplikasikan campuran ini pada rambut, pastikan Anda membalut rambut dengan shower cap setelah mengoleskan masker. Diamkan selama kurang lebih 1 jam kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya ialah untuk rambut. Aplikasikan minyak kelapa dan pijat mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Balut dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci kembali rambut hingga bersih dengan sampo. Anda bisa melakukan perawatan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

(Foto: oilsforhair.org

YesDok Ads