0 Point
Anak sehat

Tips MPASI Perdana untuk Tingkatkan Imunitas Anak

Pandemi membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya meningkatkan imunitas keluarga, terutama anak, semakin tinggi.

Para ahli menegaskan, Pengetahuan orang tua terkait pemberian MPASI perdana yang baik semakin penting untuk meningkatkan imunitas bayi, terlebih di masa pandemi.

Berikut sederet tips untuk membantu para orang tua memaksimalkan MPASI anak dengan mudah.

1. Berikan MPASI Perdana Saat Bayi Berusia 6 Bulan 

Pada momen perdana ini MPASI yang diberikan bertekstur puree (saring) atau mashed (lumat). MPASI boleh saja diberikan untuk bayi di bawah usia 6 bulan hanya dalam kondisi tertentu dan telah melalui konsultasi dengan dokter anak.

2. Perhatikan Komposisi MPASI Sesuai Usia Anak 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pemberian MPASI pada bayi 6-8 bulan yaitu sekitar 3 sendok makan hingga setengah mangkuk 250ml, yang diberikan dalam 2-3 kali makan besar dan 1-2 kali selingan. Sedangkan untuk bayi 9-11 bulan, setengah mangkuk 250ml dalam 3-4 kali makan besar dan 1-2 kali selingan.

Sedangkan pada usia 12-23 bulan, tiga perempat hingga semangkuk penuh ukuran 250ml. Pemberian keju pada MPASI diperbolehkan dalam jumlah terbatas, karena keju merupakan produk turunan susu.

3. Perhatikan Nutrisi 

Pemberian nutrisi selama masa pandemi harus mencakup asupan makronutrien, yaitu karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien. Sumber mikronutrien bisa diperoleh dari protein hewani mulai dari ayam, daging sapi, ikan, salmon hingga telur. Juga bisa sedikit diperoleh dari produk nabati dan sayur.

4. Hentikan Pemberian Bahan Makanan Tertentu Jika Terjadi Reaksi Alergi 

Mengenali reaksi alergi pada bayi bisa dengan cara mengonsumsi menu yang sama selama 3 hari pertama MPASI. Jika timbul ruam pada kulit, gatal, kesulitan bernapas, diare dan reaksi tubuh lainnya, maka disarankan untuk dihentikan dahulu dan ganti dengan bahan makanan lain.

5. Perlengkapan Wajib Agar MPASI Perdana Sukses 

Bukan hanya sekadar makan, tetapi proses MPASI perdana menjadi kebiasaan disiplin yang diajarkan sejak usia dini. Di antaranya adalah high chair atau booster seat, celemek (bib), peralatan makan bayi tanpa BPA, baby food maker dan kotak penyimpanan untuk membekukan stok MPASI di freezer. 

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok