0 Point
Cek tekanan darah

Tips Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Tekanan darah tinggi memang dikenal umum terjadi. Kondisi ini sangat umum dan mempengaruhi 1 dari 8 orang di Asia. Meski relatif tidak berbahaya, tetapi sebenarnya bertanggung jawab atas lebih dari setengah dari semua stroke dan serangan jantung yang terjadi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrolnya untuk meminimalkan kerusakan jangka panjang pada arteri dan jantung terkait darah tinggi. Berikut kiat dan tips untuk mengontrol kondisi dan mengatur tingkat tekanan darah.

1. Kurangi alkohol

Terlalu banyak konsums alkohol dapat meningkatkan tingkat tekanan darah pada individu. Minum terlalu banyak dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan juga menyebabkan penambahan berat badan. Minum dalam jumlah sedang adalah satu-satunya solusi yang dapat membantu menstabilkan dan mempertahankan tingkat tekanan darah.

2. Tingkatkan magnesium

Memasukkan makanan kaya magnesium dalam diet Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut penelitian. Para ahli yang melakukan uji klinis menemukan bahwa orang yang memasukkan magnesium dalam makanan mereka memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan tekanan darah yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Sumber magnesium termasuk sayuran berdaun hijau, cokelat hitam, pisang, lentil, bubur, dan roti cokelat.

3. Tingkatkan kalium

Makanan kaya kalium atau potassium juga terbukti efektif dalam mengelola tekanan darah, terutama karena Kalium menyeimbangkan efek natrium dan menguranginya dengan cukup efektif. Kedua, Kalium juga membantu meredakan ketegangan di pembuluh darah yang membantu lebih lanjut. Makanan kaya Kalium termasuk kentang, jeruk, jamur, kismis, kurma, tuna dan jeruk bali.

4. Hindari rokok

Berhenti merokok merupakan satu-satunya solusi untuk mencapai tingkat tekanan darah yang teratur. Bahan kimia yang ada dalam rokok menempel di bagian dalam arteri dan membuat dindingnya lengket dan menyumbatnya. Hal ini dapat merusak aliran darah dan juga meningkatkan tekanan darah, detak jantung dengan berkurangnya jumlah oksigen yang dibawa ke berbagai organ tubuh.

5. Olahraga reguler

Sebagai permulaan, orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih besar terkena hipertensi dan olahraga dapat membantu mereka mendapatkan manfaat dengan menurunkan berat badan dan mengelola tingkat tekanan darah. Selain itu, olahraga teratur melatih irama detak jantung, membantu lebih banyak oksigen dikirim ke jantung dan organ vital lainnya. Latihan aerobik seperti menari, berlari naik turun tangga, bersepeda dapat membantu memperkuat jantung.

6. Kurangi asupan garam

Garam atau natrium membuat tubuh menahan air. Kelebihan air garam dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, stroke, penyakit ginjal, dan demensia juga lebih mungkin menyerang Anda jika Anda memiliki pola makan yang kaya natrium. Saus, bacon, acar, dan keju adalah contoh makanan yang harus dikurangi dari diet demi mengatur asupan garam.

(Foto : healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok