0 Point
tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang, Tidak Hanya Butuh Kalsium dan Vitamin D

Menjaga kesehatan tulang sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Sejak kecil, perlu untuk mengikuti semua langkah yang dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang. Diet sehat adalah salah satunya. 

Secara umum diyakini bahwa hanya kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Padahal ada beberapa nutrisi lain yang perlu Anda konsumsi secara rutin. 

Ahli gizi Lovneet Batra membagikan daftar nutrisi dan praktik sehat yang harus Anda ikuti untuk memastikan tulang yang sehat. 

“Kalau bicara soal kesehatan tulang, hal pertama yang terlintas di benak kita adalah kalsium dan vitamin D. Namun pada kenyataannya, ada lebih banyak vitamin dan mineral yang terlibat untuk menjaga tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia,” tulis Batra.

Menurut ahli gizi, Anda perlu mengonsumsi vitamin K, magnesium, seng, omega-3, protein berkualitas baik, vitamin A dan vitamin C dalam kadar yang optimal untuk kesehatan tulang.

"Susu memang memiliki kualitas dan jumlah kalsium dan fosfor yang baik untuk membangun tulang yang sehat. Tetapi Anda juga perlu fokus pada makanan penting lainnya," sambungnya.

Anda harus menambahkan banyak sayuran ke dalam makanan Anda, terutama yang kaya akan vitamin A dan C. Vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen yang meningkatkan mineralisasi tulang. 

Batra merekomendasikan untuk memasukkan setidaknya tiga hingga empat porsi sayuran ke dalam diet Anda.

Tips lain untuk kesehatan tulang, mulailah melakukan latihan kekuatan. Latihan-latihan ini akan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan otot. 

"Mulailah dengan latihan kekuatan 3-4 kali seminggu. Awalnya Anda bisa melakukan latihan kekuatan 15-20 menit dalam sehari. Tidak perlu angkat beban berat tapi cari latihan yang tepat untuk Anda," tambah Batra.

"Diet protein tinggi dapat melepaskan kalsium dari tulang. Jika Anda mengonsumsi lebih dari 100 gram protein, Anda mungkin memerlukan kalsium ekstra untuk mengkompensasi kehilangannya. Juga, pertimbangkan kembali untuk mengambil diet protein tinggi. Jika tidak diperlukan sesuai latihan Anda, maka cukup lewati saja," jelasnya.

Berat badan yang sehat meningkatkan kesehatan tulang. Tetapi jangan melakukan diet ketat atau diet defisit kalori untuk menurunkan berat badan karena ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan termasuk tulang.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok