Tips Meningkatkan Volume ASI Setelah Melahirkan

July 10, 2021 | Helmi

pumping

Khawatir tentang suplai ASI yang rendah sering terjadi pada beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk meningkatkan suplai ASI Anda.

Setiap wanita akan memiliki jumlah ASI yang berbeda. Tidak ada jumlah "normal" ASI yang harus Anda hasilkan, kata Lyndsey Garbi, MD, seorang dokter anak.

"Penentuan berapa banyak yang akan dimiliki seorang ibu sangat bergantung pada tubuh mereka, bayinya, dan praktik yang dia gunakan segera setelah bayi lahir untuk melancarkan produksi ASI dan mengatur suplainya," katanya.

Secara umum, bayi berusia dua hingga tiga minggu akan mengonsumsi sekitar 15 hingga 25 ons ASI setiap hari. Ini meningkat menjadi 25 hingga 35 ons per hari pada akhir bulan pertama.

"Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda menghasilkan cukup ASI adalah jika bayi Anda tumbuh, bertambah berat, dan tampak puas setelah menyusui," kata Jessica Madden, MD, dokter anak dan neonatologis dan direktur medis Aeroflow Breastpumps.

Prolaktin, hormon yang dibutuhkan untuk membuat susu, meningkat segera setelah Anda melahirkan. Anda terus memproduksinya sebagai respons terhadap menyusui. Tapi, seperti kata pepatah, jika Anda tidak menggunakannya, Anda akan kehilangannya.

Jika Anda tidak mulai menyusui dalam bulan pertama setelah melahirkan, kadar prolaktin Anda akan kembali seperti sebelum Anda hamil dan Anda akan kesulitan memproduksi susu setelah itu.

YesDok Ads

"Oleh karena itu, cara terbaik untuk meningkatkan prolaktin setelah melahirkan adalah sering menyusui atau sesi pemompaan setidaknya 8 hingga 10 sesi per hari dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran," kata Madden.

Madden juga menyarankan untuk kosongkan payudara Anda setiap kali menyusui. ASI mengandung bahan alami yang mencegah tubuh Anda menyusui. Itulah mengapa penting untuk mengosongkan ASI setiap kali menyusui karena memberi tubuh Anda lampu hijau untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Saat bayi Anda menyusu, tubuh Anda melepaskan hormon oksitosin, yang memicu payudara Anda untuk mengeluarkan ASI. Tetapi jika bayi Anda tidak menempel dan menyusu dengan benar, itu mungkin meninggalkan terlalu banyak sisa susu di payudara Anda, yang dapat mencegah Anda memproduksi lebih banyak untuk menyusui berikutnya.

Pastikan teknik pemompaan Anda benar. Ini akan memastikan Anda mengosongkan payudara, memberi tubuh Anda lampu hijau untuk menghasilkan lebih banyak.

Obat resep juga dapat membantu meningkatkan suplai ASI, tetapi Madden mengatakan ini hanya boleh dipertimbangkan jika semua metode lain gagal. 

Namun, seberapa efektif obat-obatan ini dalam meningkatkan ASI masih diperdebatkan. Selain itu, mereka telah diketahui meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi, yang terutama menjadi perhatian bagi wanita yang baru saja melahirkan.

YesDok Ads