Sexuality
Adult
+1

Tips Meningkatkan Kualitas Hubungan Seks dengan Pasangan

April 20, 2022 | Helmi

ilustrasi pasangan

Seks harus menyenangkan, bukan sesuatu yang justru menyebabkan lebih banyak stres. Berikut adalah lima cara yang dapat Anda dan pasangan lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan seks.

Kurangi stres

Stres dapat menghambat kehidupan seks yang bahagia bagi Anda dan pasangan. Siapa pun yang mengalami stres mungkin mengalami penurunan libido. 

Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan wanita dengan stres tinggi memiliki tingkat gairah genital yang lebih rendah.

Jika Anda melihat Anda atau pasangan Anda stres, bicarakan satu sama lain tentang hal itu, dan temukan cara untuk menghilangkan ketegangan. Ini dapat mencakup: membuat jurnal, meditasi, terapi, atau melakukan gerakan tubuh yang menyenangkan seperti menari, atau aktivitas fisik yang produktif seperti melipat cucian. 

“Di sisi lain, beberapa orang mungkin menggunakan seks untuk mengatasi stres mereka,” kata Christine Lozano, ahli pernikahan keluarga berlisensi dan terapis untuk kasus kecanduan seks.

Cari tahu keinginan seksual Anda

Lozano menyarankan untuk berlatih introspeksi, rasa ingin tahu, dan mengeksplorasi seksualitas dan hasrat seksual Anda untuk lebih mengenal tubuh Anda. 

Eksplorasi seksual dapat berarti mengatasi masalah citra tubuh atau menemukan apa yang menyenangkan Anda.

Jika Anda merasa nyaman, kenali diri Anda secara fisik dan apa yang terasa menyenangkan melalui masturbasi. Saat Anda menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri dan apa yang memuaskan Anda, mungkin lebih mudah untuk mengekspresikan hasrat seksual Anda dengan pasangan.

YesDok Ads

Cobalah sesuatu yang baru

Jika Anda sudah lama bersama pasangan, mudah untuk berasumsi bahwa Anda tahu segalanya tentang preferensi seksual mereka. Alih-alih, ajukan pertanyaan seperti apa pengalaman seksual terbaik mereka, saat mereka merasa tidak puas, atau apa yang selalu ingin mereka lakukan.

“Mencoba posisi, fantasi, atau mainan baru dapat merevitalisasi kehidupan seks Anda, kata Stefani Goerlich, terapis seksual berlisensi. 

Mulailah "foreplay" sebelum Anda mencapai tempat tidur

Foreplay bisa lebih dari sekadar sentuhan fisik atau tindakan seksual. Jalan menuju seks yang hebat bahkan dapat dimulai jauh sebelum Anda memasuki kamar tidur. 

Menciptakan ruang yang aman untuk pasangan Anda, dan memperlakukan mereka dengan baik, kasih sayang, dan rasa hormat, memberikan titik awal untuk hubungan yang dalam dan bermakna selama berhubungan seks.

Berkomunikasi satu sama lain

Jika Anda ingin mencoba hal baru atau mengubah kehidupan seks Anda, itu semua membutuhkan komunikasi yang terbuka dan jujur. 

Saat mendiskusikan seks dengan pasangan Anda, Lozano mengatakan untuk tetap mengutamakan rasa ingin tahu, kasih sayang, dan kerentanan. Pastikan pasangan Anda merasa didengarkan tanpa menghakimi dan merasa nyaman berbagi kebutuhan dan batasan seksual mereka.

YesDok Ads