Tips Mengurangi Jerawat pada Remaja

November 04, 2021 | Helmi

jerawat remaja

Jerawat pada remaja merupakan masalah yang umum terjadi. Namun terkadang jerawat ini bersifat membandel dan sulit hilang, serta pastinya mengganggu penampilan.

Menurut ahli gizi, Pooja Makhija perubahan hormonal dan pubertas adalah alasan utama di balik jerawat. 

“Testosteron tinggi, serta faktor pertumbuhan seperti insulin, adalah pelaku utama utama. Perubahan pola makan, oleh karena itu, dapat melakukan keajaiban dalam menghilangkan jerawat,” ujar Makhija.

Pooja menyarankan tips berikut untuk membantu mengurangi jerawat pada remaja:

Periksa Kondisi Vitamin D

Pooja menyatakan bahwa Anda perlu memeriksa kadar Vitamin D Anda karena mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon Anda, dan mengurangi testosteron. Oleh karena itu, kadar vitamin D yang rendah bisa menjadi alasan munculnya jerawat.

Hindari asupan laktosa

Dia mengatakan bahwa Anda perlu memotong produk berbasis susu dari diet Anda. Tidak hanya untuk beberapa hari tetapi setidaknya selama sekitar empat hingga enam minggu untuk melihat perbedaannya.

YesDok Ads

Tingkatkan asupan protein

Sangat penting untuk meningkatkan asupan protein Anda jika Anda ingin mengurangi jerawat. Ini karena protein secara otomatis mengurangi lonjakan insulin.

Hindari Konsumsi Makanan dengan Gula Tinggi

Pooja menyarankan bahwa jika Anda memiliki jerawat, Anda perlu mengurangi produk gula tinggi seperti kue, donat, muffin, dan kue kering karena mereka meningkatkan insulin membuat jerawat Anda semakin parah. Jadi, hindari makanan roti.

Rutin Bergerak

Ini mungkin poin terakhir yang Pooja katakan tapi ini pasti salah satu tips yang paling penting. Dia menyatakan bahwa Anda perlu berolahraga karena meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. 

Ketika Anda berolahraga, lebih banyak oksigen, lebih banyak peremajaan sel terjadi dan dengan demikian, bekas jerawat lebih sedikit.

YesDok Ads