0 Point
garam

Tips Mengurangi Asupan Garam dari Makanan Harian

Tubuh Anda membutuhkan natrium karena membuat otot dan saraf Anda berjalan normal. Namun, makan terlalu banyak natrium dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan kondisi berbahaya lainnya.

Natrium biasa didapatkan dari konsumsi garam di makanan sehari-hari. Jika Anda khawatir bahwa Anda memiliki terlalu banyak natrium dalam makanan Anda, berikut ini adalah tips tentang bagaimana Anda dapat mengurangi asupan natrium Anda secara alami.

Lacak diet Anda

"Cobalah beberapa aplikasi pelacak diet atau tulis makanan, jumlah, dan kadar natrium Anda untuk mengetahui konsumsi harian Anda," kata Julie Garden-Robinson, PhD, ahli diet terdaftar dan profesor di North Dakota State University.

Makanan yang disiapkan menggunakan proses ini cenderung tinggi sodium. Misalnya, secangkir salmon asap memiliki 1.066 mg sodium, sedangkan salmon mentah biasa hanya memiliki 117 mg.

Pilih produk "rendah natrium" atau "kurang natrium"

Ada banyak pilihan rendah sodium dan bebas sodium di luar sana, seperti kecap rendah sodium dan kacang tawar.

Tetapi label bisa sedikit membingungkan karena ada begitu banyak pilihan termasuk sodium rendah, dan sodium sangat rendah. Dan setiap label mengacu pada jumlah natrium yang berbeda.

Misalnya, sodium rendah berarti produk tersebut memiliki 140 mg sodium, atau kurang, per porsi sedangkan makanan bebas sodium mengandung 5 mg sodium per porsi.

Jika Anda tidak yakin apakah suatu makanan tinggi sodium, baca label nutrisi dan catat miligram sodium per porsi dan persentase nilai harian.

Batasi makanan olahan

Ada lebih banyak natrium dalam makanan olahan atau makanan siap saji daripada yang Anda kira.

"Kita mungkin berpikir bahwa mengasinkan makanan di meja adalah masalahnya; Namun, makanan olahan membuat sebagian besar natrium yang kita konsumsi," kata Julie Garden-Robinson, PhD, ahli diet terdaftar dan profesor di North Dakota State University.

Daging, makanan beku, dan beberapa makanan yang disiapkan di restoran dapat mengandung banyak natrium tersembunyi.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok