Tips Mengatasi Kaki Lelah Setelah Beraktivitas

April 05, 2023 | Claudia

Mengatasi Kaki Lelah

Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sering diperhatikan, namun, bagaimana dengan kaki? Sangat jarang orang menaruh perhatian pada kaki, padahal kaki yang lelah juga butuh perawatan, agar terhindar dari berbagai masalah. Bagaimana cara mengatasi kaki lelah setelah beraktivitas?

Perawatan untuk kaki tak kalah penting. Selain untuk penampilan, kaki yang bersih membawa dampak kesehatan yang positif. Lagipula, bagaimana jika Anda sedang memakai alas kaki terbuka, seperti sandal? Mau tidak mau, kaki Anda akan terpampang dan dilihat banyak orang. Bukankah menjadi hal yang memalukan ketika kaki kotor kita terlihat orang lain?

Sebenarnya, perawatan untuk kaki sangat mudah. Salah satu yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan hal ini adalah buah lemon. Lemon menjadi salah satu bahan alami terbaik yang bisa digunakan untuk merawat kaki.

Tips Mengatasi Kaki Lelah

Lalu, bagaimana cara terbaik mengatasi kaki lelah setelah seharian beraktivitas? Berikut tipsnya untuk Anda:

Eksfoliasi

Akumulasi dari kulit mati dan kulit kering memberikan tampilan buruk untuk kaki. Oleh karena itu, kita harus rutin mengeksfoliasi kulit kaki, dan scrub lemon dapat membantu Anda eksfoliasi dengan baik.

Anda bisa menjadikan setiap bagian dari lemon untuk membuat scrub. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti madu, brown sugar, minyak zaitun, petroleum jelly, dan lain-lain.

Mencerahkan

Lemon merupakan salah satu jenis buah sitrus yang memiliki sifat asam alami. Kandungan dalam lemon inilah yang dapat membantu mencerahkan kulit dan kuku kaki Anda. Merawat kaki dengan lemon akan memberikan tampilan kaki yang bersih dan segar.

YesDok Ads

Buatlah air rendaman dengan menambahkan air perasan lemon ke dalam sebaskom penuh air hangat. Masukkan pula beberapa bulir kelopak bunga mawar ke dalamnya. Rendamlah kaki Anda selama beberapa saat, dan biarkan lemon bekerja mencerahkan kulit Anda.

Menghilangkan bau

Alasan menggunakan lemon untuk kaki Anda tak hanya terbatas pada masalah penampilan saja. Kaki yang bersih, harusnya juga mengeluarkan aroma yang harum. Tentu sangat memalukan bukan jika kaki Anda berbau tak sedap?

Merendam kaki dengan campuran air hangat dan lemon, menggosok kaki dengan scrub lemon dan melembapkan kulitnya dengan minyak atsiri beraroma lemon akan memberikan Anda tampilan kaki yang cantik dan tidak berbau.

Relaksasi

Setelah seharian penuh aktivitas yang melelahkan, kaki Anda memang perlu dimanjakan. Cara terbaik untuk merelaksasi kaki Anda yang lelah ialah dengan memberikannya perawatan dengan lemon.

Dalam sebaskom penuh air hangat, campur setengah cangkir madu dan segelas air perasan lemon. Rendam kaki Anda ke dalamnya, dan cobalah untuk tetap relaks. Jika perlu, gosok-gosok juga kulit Anda untuk menghilangkan sel kulit mati, dan oleskan pelembap agar kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: Brio Water)

YesDok Ads