Tips Mencegah Kelelahan di Tempat Kerja

January 21, 2020 | Helmi

kerja

Kelelahan di tempat kerja sangat mungkin terjadi. Banyak faktor yang mendasari. Mulai dari deadline pekerjaan yang menumpuk, rekan kerja yang mengganggu, atasan yang menyebalkan, atau hal lainnya yang bisa memicu stres.

Kelelahan yang Anda alami juga tidak baik untuk performa Anda di tempat kerja. Masalah ini berpotensi menurunkan konsentrasi, kinerja, dan mengganggu ritme kerja yang sudah Anda buat. Maka dari itu, penting untuk dengan segera mengatasi masalah tersebut.

Untungnya ada kiat yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir stres di tempat kerja. Jadi bagaimana Anda mencegahnya? Berikut adalah beberapa saran yang bisa coba Anda terapkan.

Rencanakan pada hari Minggu

Saat hari Minggu tiba, biasanya Anda akan dilanda dengan kecemasan kala tau besok akan kembali menjalani rutinitas kerja. Untuk menghindari hal ini, para ahli menyarankan Anda mengambil setidaknya 15 menit untuk merencanakan dan mempersiapkan minggu Anda karena perasaan memiliki kendali dapat membantu mengurangi energi negatif dan pasti akan membantu Anda merasa lebih santai.

Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga baik untuk Anda, dan juga merupakan pereda stres yang baik. Tidak harus intensitas tinggi karena melakukan sesuatu yang sederhana seperti peregangan dan berjalan selama setengah jam setiap hari dapat memberikan keajaiban bagi diri Anda yang lelah.

YesDok Ads

Tuliskan pikiran Anda

Menuliskan semua pikiran Anda ketika Anda merasa sudah terlalu banyak yang ada di kepala Anda. Ini mungkin bukan solusi terbaik, tetapi ini akan membantu Anda berpikir lebih baik sambil juga menuangkan berbagai pikiran yang tengah Anda rasakan.

Beristirahat dengan baik saat sedang libur

Ini penting karena otak dan tubuh Anda perlu beristirahat dari semua kekhawatiran di tempat kerja. Untuk melakukan ini, cukup membuat diri Anda melakukan hal yang Anda sukai tanpa memikirkan pekerjaan. Membaca, menghabiskan waktu bersama teman, atau bahkan main video game.

Tidur

Anda perlu tidur untuk sepenuhnya pulih. Pastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang berkualitas setiap malamnya, agar siap menghadapi kerja di esok hari.

(Foto: NBC News)

YesDok Ads