Tips Mencegah ISK pada Wanita

January 14, 2021 | Claudia

infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi bakteri pada bagian saluran kemih.  ISK terjadi ketika bakteri masuk melalui uretra dan kemudian mulai menginfeksi ginjal dan kandung kemih. Infeksi ini biasanya lebih sering dialami oleh wanita.

Beberapa gejala ISK yakni:

YesDok Ads

  • Sering buang air kecil
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Perut terasa sakit
  • Nanah dalam urine
  • Urine berwarna keruh
  • Darah dalam urine
  • Demam

Berikut ini merupakan beberapa cara pencegahan ISK khususnya untuk para wanita, yakni:

  1. Jangan pernah menahan buang air kecil. Jika Anda merasa ingin buang air kecil, segeralah menuju toilet. Kebiasaan menahan buang air kecil bisa menyebabkan ISK.
  2. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah ISK adalah dengan minum banyak air. Minum 8-10 gelas air dalam sehari untuk meningkatkan pembentukan urine. Kebiasaan ini selain dapat mencegah ISK juga baik untuk kesehatan tubuh.
  3. Selalu bersihkan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan seksual. Anda harus segera membersihkan vagina dan buang air kecil setelah berhubungan seksual. Buang air kecil setelah berhubungan seksual dapat membersihkan saluran yang mungkin terkena bakteri selama berhubungan seksual.
  4. Hindari duduk di toilet umum. Menjaga kebersihan organ intim dapat mencegah Anda dari ISK.
  5. Bersihkan organ intim dengan air setelah buang air kecil. Ini dapat menjaga kebersihan alat kelamin dan juga mencegah ISK.
  6. Kenakan pakaian dalam berbahan katun, ini dapat menjaga kulit tetap kering dan mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di area organ intim.
  7. Setelah buang air, bersihkan selalu area organ intim dengan air dan keringkan sebelum mengenakan kembali pakaian dalam. Bersihkan dan keringkan area organ intim dengan mengarah ke belakang, yakni dari vagina menuju anus. Ini untuk menghindari bakteri yang ada di area anus berpindah menuju vagina.
  8. Ganti pembalut setelah 3-4 jam saat menstruasi. Hindari memakai tampon jika Anda rentan terkena ISK.

(Foto: fastmed.com)

YesDok Ads