Diet
+1

Tips Menahan Rasa Lapar Saat Penurunan Berat Badan

January 04, 2022 | Iman

Tidur teratur

Saat melakukan program penurunan berat badan, anda perlu mengurangi asupan kalori sebagai langkah pertama. 

Cara tersebut berarti memaksa anda untuk berlaih ke makanan ringan, rendah kalori, dan terkadang makanan lebih sedikit dari sebelumnya. Hal tersebut menyebabkan rasa lapar, kondisi yang membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan yang sebagian besar tidak sehat, makanan olahan yang kaya akan lemak jenuh, gula tambahan, akibatnya, berat badan Anda bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

Pengurangan asupan kalori bukan merupakan satu-satunya pemicu rasa lapar ada penyebab lainnya seperti kurang tidur, terlalu banyak makan karbohidrat olahan, kadar gula darah rendah, hingga dehidrasi. 

Namun anda jangan khawatir, sebab ada beberapa cara sederhana untuk melawan rasa lapar, berikut adalah caranya. 

1. Makan secara teratur

Untuk menahan rasa lapar sambil menjaga asupan kalori tetap rendah, penting untuk makan secara teratur dan makan dengan porsi yang lebih kecil dan jangan berlebihan. Makanlah kacang atau buah-buahan sesekali untuk mencegah rasa lapar.

2. Tetap terhidrasi

Dehidrasi jadi salah satu penyebab utama rasa lapar, solusinya, anda dianjurkan untuk minum air putih delapan gelas setiap hari agar tetap terhidrasi. Air putih adalah minuman nol kalori yang bisa menimbulkan rasa kenyang, sebelum memulai makan, minumlah segelas air putih.

YesDok Ads

3. Makan dengan penuh perhatian

Salah satu alasan kenapa anda bisa makan terlalu banyak adalah anda sering teralihkan fokusnya saat makan seperti ketika 

Anda makan sambil menonton televisi atau menggunakan media sosial. Oleh karena itu fokuslah pada makanan anda.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Jadi untuk mencegahnya, pastikan Anda cukup tidur yaitu sekitar tujuh hingga delapan jam sehari.

5. Masukan banyak protein dan serat dalam diet 

Protein dan serat merupakak nutrisi penting yang mencegah rasa lapar. Makanan kaya protein dan serat diantaranya kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak dan sayuran yang dapat membantu mengurangi rasa lapar.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads