Tips Memulai Pergi ke Gym Bagi Seorang Pemula

December 06, 2020 | Iman

Olahraga di gym

Pandemi menyebabkan semua orang beraktifitas dari rumah, termasuk olahraga. Tapi kini beberapa tempat mulai membuka kembali tempat gym bagi pegiat olahraga, tentu dengan protokoler kesehatan.

Pergi ke gym memang sesuau yang menyenangkan. Tapi bagi pemula, ada rambu-rambu yang harus dipatuhi agar olahraga tidak menjadi sesuatu yang menyiksa. Berikut tips olahraga ke gym bagi pemula.

Mulai Dari Hal Kecil

Para ahli menyarankan agar Anda memulai dari  hal yang kecil. Dengan begini Anda akan nyaman mempelajari peralatan baru. Mulai dengan repetisi yang sedikit dan beban yang tidak terlalu berat.

Manfaatkan Kekuatan Musik

Temukan sesuatu untuk didengarkan yang Anda sukai, dan nikmatilah. Terkadang memiliki sedikit kebiasaan mendengarkan musik dapat memberi dorongan Anda terhadap perubahan yang berarti.

Jangan Pedulikan Penilaian Orang

YesDok Ads

Banyak ketakutan datang dari mencemaskan apa yang akan dipikirkan orang lain dan siapa yang mungkin menilai Anda. Jangan khawatir, sebab Anda pergi ke gym bukan untuk membuat orang terkesan. Fokuslah dengan target sendiri.

Sewa Pelatih

Jika Anda seorang yang baru namun ingin lebih dalam dalam hal belajar, maka sewa pelatih atau personal trainer adalah solusinya. Mereka akan bertugas memandu dan mengoreksi latihan Anda. Tentu dengan cara ini akan membawa hasil lebih cepat yang diidamkan.

Ambil Kelas Virtual

Tidak ada salahnya mengikuti kelas virtual. Anda dapat belajar darimana saja dan berkenalan dengan orang-orang baru yang satu tujuan. Kelas virtual malah dianggap lebih ekonomis dibandingkan Anda menyewa pelatih pribadi.

Buat Rencana Latihan

Penting merencanakan apa yang Anda lakukan agar dapat dievaluasi hasilnya nanti. Rencana latihan dapat dibuat seminggu hingga sebulan ke depan. Catat menu latihan yang akan Anda lakukan, dan tandai hasilnya perlahan. Fokus pada rencana latihan sendiri, karena setiap orang memiliki tujuan kebugaran yang berbeda.

YesDok Ads