Sexuality
Adult
+1

Tips Membersihkan Smegma pada Pria dan Wanita

January 02, 2023 | Helmi

membersihkan smegma

Smegma adalah zat yang terdiri dari minyak dan sel kulit mati. Itu dapat menumpuk di bawah kulup pada pria yang tidak disunat atau di sekitar lipatan labia pada wanita. Itu bukan tanda infeksi menular seksual, dan itu bukan kondisi serius.

Jika tidak diobati, smegma dapat menyebabkan bau atau dalam beberapa kasus mengeras dan menyebabkan iritasi pada alat kelamin.

Cara membersihkan smegma pada pria

Cara termudah untuk menghilangkan smegma adalah dengan rutin membersihkan bagian intim. Pada pria, itu berarti membersihkan alat kelamin dengan benar, termasuk di sekitar dan di bawah kulup.

Tubuh Anda menghasilkan pelumas untuk membantu kulup menarik kembali. Pelumas itu dapat menumpuk di bawah kulup Anda bersama dengan minyak alami lainnya, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri. Itu sebabnya kondisi ini lebih sering terjadi pada pria yang belum disunat.

Membersihkan penis dengan benar adalah cara termudah untuk menghilangkan smegma. Tarik kembali kulup Anda dengan lembut. Jika smegma mengeras, Anda mungkin tidak dapat menariknya kembali sepenuhnya. Jangan memaksakannya, karena dapat menyebabkan rasa sakit dan merobek kulit, yang dapat menyebabkan infeksi.

Gunakan sabun lembut dan air hangat untuk membasuh area yang biasanya ditutupi kulup. Hindari menggosok dengan keras, karena dapat mengiritasi kulit sensitif. Jika smegma telah mengeras, gosokkan minyak dengan lembut pada area tersebut sebelum membersihkannya untuk membantu mengendurkan akumulasi.

Penting untuk menghindari menggores smegma dengan alat tajam atau kapas. Itu bisa menyebabkan iritasi tambahan. Jika smegma tidak membaik setelah seminggu dibersihkan dengan benar, atau jika semakin parah, temui dokter Anda.

Anda juga harus menemui dokter jika penis Anda merah atau meradang. Anda mungkin mengalami infeksi atau kondisi lain yang memerlukan perawatan medis.

Cara membersihkan smegma pada wanita

Smegma juga dapat terjadi pada wanita, dan mungkin menjadi penyebab bau vagina. Itu bisa menumpuk di lipatan labia atau di sekitar tudung klitoris. Mirip dengan pria, cara termudah untuk menghilangkan smegma dari alat kelamin wanita dengan melakukan kebersihan yang baik.

YesDok Ads

Tarik kembali lipatan vagina dengan lembut. Anda dapat memposisikan dua jari pertama Anda dalam bentuk V untuk membantu melebarkan lipatan.

Gunakan air hangat dan, jika perlu, sabun yang lembut untuk membersihkan lipatan. Hindari memasukkan sabun ke dalam lubang vagina. Bilas area tersebut secara menyeluruh dan tepuk-tepuk area tersebut dengan lembut.

Selalu gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang dapat bernapas, seperti katun, dan hindari mengenakan celana ketat untuk membantu mengurangi risiko penumpukan smegma.

Perubahan keputihan dan bau vagina dapat mengindikasikan adanya infeksi. Temui dokter Anda jika smegma tidak hilang atau memburuk. 

Anda juga harus menemui dokter jika mengalami nyeri, gatal, atau sensasi terbakar di alat kelamin, atau jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal, serta mengalami keputihan berwarna kuning atau hijau.

Tips pencegahan smegma

Smegma dapat dicegah dengan menerapkan kebersihan yang baik pada daerah intim. Bersihkan alat kelamin Anda setiap hari, dan hindari penggunaan sabun atau produk berbahan keras di area tersebut. 

Pada wanita, itu termasuk menghindari douche, atau bilasan vagina, yang dapat menyebabkan infeksi vagina dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda secara teratur mengalami akumulasi smegma berlebih meskipun kebersihan pribadi baik, atau jika Anda melihat perubahan lain pada alat kelamin Anda, termasuk peradangan, nyeri, atau keputihan yang tidak normal, segera konsultasikan dengan dokter.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads