Tips Membersihkan Paru-paru Secara Alami

January 15, 2021 | Helmi

paruparu

Teknik membersihkan paru-paru dapat bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan orang dengan kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, dan sebagainya.

Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan kondisi kesehatan. Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan. Paru-paru adalah organ yang membersihkan diri sendiri yang akan mulai menyembuhkan dirinya sendiri begitu berhenti terpapar polutan.

Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi pada perasaan berat ini.

Orang mungkin dapat menggunakan teknik khusus untuk membantu membersihkan paru-paru dari lendir, meredakan dada tersumbat dan gejala tidak nyaman lainnya.

Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Terapi uap

Terapi uap, atau inhalasi uap, dilakukan dengan menghirup uap air hangat untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk saat udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Sebaliknya, uap menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengencerkan lendir di dalam saluran napas dan paru-paru.

Menghirup uap air dapat memberikan kelegaan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.

Batuk terkontrol

Batuk yang terkontrol dapat membantu mengeluarkan lendir melalui saluran udara. Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun secara alami yang terperangkap di dalam lendir.

Batuk yang terkendali akan mengencerkan lendir berlebih di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara.

YesDok Ads

Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang, dan menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan suplai oksigen yang lebih besar ke otot. Ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.

Tubuh akan mulai beradaptasi untuk memenuhi tuntutan olahraga teratur. Otot akan belajar menggunakan oksigen secara lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit bagi orang dengan kondisi paru-paru kronis, orang-orang ini juga dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur.

Meski demikian, itu  harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai rejimen olahraga baru.

Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

Sebuah penelitian baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

Makanan anti inflamasi

Makan makanan anti inflamasi dapat membantu melawan peradangan di paru-paru.

Radang saluran udara bisa membuat sulit bernafas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan anti inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala tersebut.

(Foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads