Sexuality
Adult
+1

Tips Membakar Kalori Lebih Banyak Ketika Berhubungan Seks

April 15, 2022 | Helmi

hubungan seks

Seks menjadi salah satu kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa membakar kalori. Pertanyaannya, berapa banyak kalori yang terbakar dari berhubungan seks?

Penelitian sebelumnya telah menyimpulkan bahwa seks sama dengan olahraga ringan hingga sedang. Beberapa penelitian lagi sejak itu telah dapat menentukan jumlah rata-rata kalori yang terbakar saat berhubungan seks - dan itu jauh lebih sedikit daripada berlari atau pergi ke gym.

Jumlah pasti kalori yang dapat dibakar seks untuk Anda tergantung pada berat badan, durasi seks, dan faktor lainnya. Mirip dengan mengukur pengeluaran kalori untuk aktivitas fisik apa pun, tidak ada jawaban yang cocok untuk semua.

Kabar baiknya adalah seks menawarkan banyak manfaat kesehatan selain kehilangan kalori. Berikut adalah beberapa informasi dari penelitian terbaru tentang berapa banyak kalori yang Anda bakar saat berhubungan seks.

Penelitian telah menemukan bahwa pria membakar rata-rata 101 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 4,2 kalori yang terbakar per menit. Wanita membakar rata-rata 69 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 3,2 per menit.

Hasil ini berasal dari sebuah studi kecil tahun 2013 yang membandingkan pembakaran kalori yang dialami pasangan heteroseksual muda dan sehat yang menghabiskan 25 menit berhubungan seks dibandingkan dengan berlari di treadmill selama 30 menit.

Para peneliti menemukan bahwa selama sesi aktivitas seksual rata-rata - yang didefinisikan sebagai foreplay, hubungan seksual, dan setidaknya satu orgasme pasangan - pria membakar 101 kalori, dan wanita membakar 69,1 kalori.

YesDok Ads

Seks membakar kalori secara signifikan lebih sedikit daripada ketika peserta yang sama berolahraga di treadmill, di mana pria membakar 9,2 kalori per menit dan wanita membakar 7,1 kalori per menit, lebih dari dua kali lipat seks.

"Ada semacam pengeluaran energi (selama berhubungan seks) tapi tidak sebesar itu," kata Antony Karelis, PhD, rekan penulis studi dan profesor di departemen ilmu olahraga di University of Quebec, Montreal.

Lima sampai enam menit adalah tentang durasi rata-rata hubungan seksual – tidak termasuk foreplay. Dan, tentu saja, pengeluaran kalori bersifat individual, artinya Anda mungkin membakar kalori sedikit lebih banyak atau lebih sedikit daripada peserta studi ini.

Bagi Anda yang melakukan sebagian besar gerakan, kemungkinan akan mengeluarkan lebih banyak energi, yang berarti mereka akan membakar lebih banyak kalori.

Jadi, jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori saat berhubungan seks, ambil kendali dan jadilah yang lebih banyak bergerak, atau minta Anda dan pasangan bergiliran sehingga Anda berdua bisa mendapatkan keuntungan. 

“Berkeringat adalah indikasi yang baik bahwa Anda sedang bekerja,” kata Karelis. Anda juga dapat membuat sesi seks lebih lama dengan harapan membakar lebih banyak kalori, tetapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

YesDok Ads