Tips Legakan Sakit Tenggorokan

July 04, 2020 | Claudia

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan tentu tidak enak. Apalagi jika Anda harus berbicara di depan banyak orang mempresentasikan pekerjaan Anda, tentu ini bisa merusak momen penting Anda!

Jika sudah begini, kita tentu menginginkan obat yang bisa melegakan sakit tenggorokan kita dengan cepat. Sebab, terlalu lama membiarkan sakit tenggorokan jelas bisa membuat tidak nyaman, karena Anda juga akan mengalami kesulitan bicara, makan, dan bahkan minum.

Umumnya, sakit tenggorokan muncul sebagai salah satu gejala infeksi dan gangguan pernapasan, seperti pilek, flu, batuk, dan lain-lain. Jika Anda ingin terbebas dari sakit tenggorokan dengan cepat, mungkin tips berikut ini bisa Anda ikuti:

Tips 1

Istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci yang bisa membebaskan Anda dari sakit tenggorokan dengan cepat. Sakit tenggorokan yang terjadi akibat infeksi membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk melawan penyebab infeksi. Istirahat yang cukup bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan dari sakit tenggorokan yang Anda alami bisa berlangsung lebih cepat.

Tips 2

Coba minum teh kunyit setiap pagi, jika Anda tengah dilanda sakit tenggorokan. Khasiat anti-inflamasi dalam kunyit dapat menenangkan tenggorokan dan juga mengurangi sumbatan.

YesDok Ads

Tips 3

Tahukah Anda, bahwa minum air dingin bisa membantu Anda terbebas dari sakit tenggorokan? Nyatanya air dingin memang bisa membebaskan Anda dari sakit tenggorokan. Air dingin dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit untuk sementara waktu.

Tips 4

Khasiat dalam bawang putih juga bisa membantu melegakan sakit tenggorokan yang Anda alami. Hancurkan beberapa siung bawang putih segar, dan campur dengan satu sendok teh bubuk kunyit lalu oleskan di bagian atas tenggorokan Anda dengan jari yang bersih. Allicin yang terkandung dalam bawang putih juga sifat anti-inflamasi dari kunyit dapat membantu membunuh bakteri, juga memberikan bantuan dari sakit tenggorokan.

Tips 5

Jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Anda juga bisa mengonsultasikan kondisi Anda dengan dokter-dokter terpercaya via aplikasi YesDok untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

(Foto: pma-physicians.com)

YesDok Ads