Tips Jaga Tulang Belakang Tetap Sehat

February 28, 2022 | Claudia

Tulang Belakang

Bagi Anda yang bekerja seharian di depan layar komputer atau laptop, sudahkah Anda memerhatikan kesehatan tulang belakang Anda?

Kesehatan tulang belakang seharusnya juga menjadi hal yang kita perhatikan. Terlalu lama berada di depan laptop atau komputer, pertambahan usia, bisa memengaruhi kesehatan tulang belakang.

Seiring bertambahnya usia, tulang belakang menjadi kurang protektif dan menjadi sempit. Ketika sumsum tulang belakang kehilangan elastisitasnya, ini akan menyebabkan sakit punggung yang parah, yang bahkan bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Bahkan saat mengalami kondisi ini, melakukan aktivitas sehari-hari saja bisa terasa berat.

Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga tulang belakang Anda tetap sehat, selagi Anda masih dalam usia yang aktif dan produktif, seperti apa?

Tetap aktif

Menjaga diri tetap aktif sangat penting untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali tulang belakang. Ketika Anda aktif, maka ini akan semakin menyehatkan tulang belakang. Berjalan, berenang, latihan fisik, atau mengerjakan pekerjaan rumah merupakan beberapa langkah kecil dan penting untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Hindari mengangkat beban yang berat

YesDok Ads

Tahukah Anda, bahwa tidak disarankan untuk mengangkat beban yang memiliki bobot lebih dari 25% berat tubuh Anda. Mengangkat beban yang terlalu berat bsia menyebabkan cedera pada tulang belakang. Saat harus mengangkat beban berat pun, Anda harus memulainya dengan posisi jongkok dan secara bertahap angkat beban perlahan-lahan. Mengangkat beban dalam posisi membungkuk dan terburu-buru hanya akan menyebabkan masalah pada tulang belakang Anda.

Menjaga postur tubuh

Saat bekerja bahkan saat tidur, Anda harus menjaga postur tubuh Anda tetap baik. Terlebih di saat tidur, berbaringlah dengan nyaman dan pastikan tulang belakang Anda beristirahat dengan nyaman.

Latihan peregangan

Melakukan peregangan setiap hari bisa membantu Anda untuk lebih fleksibel. Ini juga membantu menjaga fungsi persendian tetap normal. Latihan peregangan rutin bisa mencegah otot kaku dan meningkatkan stabilitas tubuh.

(Foto: liwli.com)

YesDok Ads