Tips Instan Redakan Mual

December 31, 2020 | Claudia

Mual

Mual menjadi kondisi yang kurang menyenangkan. Saat merasakannya, Anda akan merasakan ketidaknyamanan. Meski begitu, mual umumnya bukan kondisi serius yang harus ditakutkan.

Mual biasa terjadi selama beberapa menit, jam, atau bahkan seharian penuh. Biasanya mual muncul akibat masalah pencernaan atau sebagai gejala dari suatu masalah kesehatan. Selain masalah pencernaan, stres, alergi, konsumsi obat-obatan tertentu, mabuk perjalanan, minum alkohol, keracunan makanan, terlalu banyak makan, dan lain-lain, juga bisa menyebabkan mual.

Jika Anda tak ingin merasakan mual terlalu lama, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda, seperti:

Muntahkan saja

Saat mual menyerang, terkadang memuntahkannya merupakan jalan terbaik. Mual merupakan sinyal dari tubuh untuk muntah, sehingga jika Anda menahan-nahan mual, ini hanya akan semakin menyiksa Anda. Sebaliknya, memuntahkan isi perut Anda akan membuat Anda merasa lebih lega dan cepat terbebas dari mual.

Jalan-jalan

YesDok Ads

Salah satu cara lainnya untuk meredakan mual adalah dengan berjalan-jalan. Cobalah keliling rumah, tempat kerja, atau halaman rumah Anda selama 15 menit, dan usahakan Anda berjalan dengan cepat. Sambil berjalan, tariklah napas dalam-dalam yang juga dapat membantu meringankan rasa mual.

Makan

Terkadang mual juga muncul ketika Anda belum makan apa pun. Oleh karena itu, isilah perut Anda saat Anda mual akibat belum makan. Namun, bijaklah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi saat mual. Pilih makanan yang mudah dicerna dan makanlah secara perlahan.

Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi mual. Buatlah secangkir teh jahe dengan campuran air hangat, satu atau dua potong jahe, dan madu. Minumlah teh jahe selagi masih hangat.

(Foto: goodpath.com)

YesDok Ads