Tips Efektif Menjaga Kepadatan Tulang

December 21, 2021 | Kaifia

Angkat besi

Kepadatan tulang sangat penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan. 

Apabila massa tulang menurun dan keropos tulang terjadi di kemudian hari, peningkatan risiko tulang rapuh akan rentan terjadi. 

Seiring waktu berlalu, tulang dapati kehilangan kepadatan. Setelah menopause, seseorang bisa rentan terkena osteoporosis.

Namun, Anda jangan khawatir dulu! Banyak nutrisi dan pilihan gaya hidup yang bisa membantu membangun tulang yang lebih kuat dan mempertahankan kepadatannya seiring bertambahnya usia.

Makan banyak sayuran

Sayuran hijau dan kuning memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita. Pada anak-anak, sayuran ini membantu meningkatkan pertumbuhan tulang sedangkan pada orang dewasa, mereka membantu menjaga kepadatan tulang. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi sayuran hijau dan kuning serta sedikit makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan kepadatan tulang dan lemak sehat.

YesDok Ads

Rutin lakukan latihan kekuatan

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa latihan angkat besi dan latihan kekuatan bisa membantu mendorong pertumbuhan tulang baru dan mempertahankan struktur tulang.

Hindari diet rendah kalori

Kalori yang terlalu rendah bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Selain memperlambat metabolisme Anda, mereka dapat menciptakan rasa lapar dan menyebabkan hilangnya massa otot yang dimana berbahaya bagi kesehatan tulang.

Menjaga berat badan 

Penting untuk menghindari penurunan atau penambahan berat badan yang cepat. Ketika seseorang kehilangan berat badan, kepadatan tulang mereka juga bisa hilang dan membuat tulang menjadi lemah.

YesDok Ads