Tips Diet dan Kebugaran dari Ahli Jantung

June 13, 2022 | Iman

asian sport

Kematian mendadak akibat serangan jantung menjadi ancaman nyata di seluruh dunia. Gejala penyakit jantung seringkali bisa diam atau bisa disalahartikan sebagai sesuatu yang lain.

Selain pemeriksaan rutin, penting untuk memerhatikan pilihan gaya hidup terutama diet dan kebugaran Anda.

Serangan jantung biasanya terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung. Kondisi ini memerlukan perhatian medis segera karena semakin lama tanpa perawatan, semakin besar kerusakan pada otot jantung.

Bagaimana diet dan olahraga memengaruhi jantung?

Jika Anda makan makanan cepat saji yang mengandung jumlah tinggi gula, garam, karbohidrat olahan, lemak jenuh, hal ini akan menyebabkan penumpukan plak lemak dan kolesterol yang menyebabkan pembekuan darah. Diet yang tepat akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain memantau pola makan, seseorang juga perlu berolahraga secara teratur. Olahraga akan membuat jantung memompa lebih banyak darah dengan setiap detak jantung. Ketika ini terjadi, itu akan memberikan lebih banyak oksigen ke tubuh Anda dan meningkatkan fungsi tubuh.

Aktivitas fisik yang rutin dapat membantu meminimalkan banyak faktor risiko penyakit jantung, seperti LDL (kolesterol jahat), tekanan darah tinggi, dan obesitas. Meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih mudah.

Memilih diet tepat

YesDok Ads

Diet sehat kaya akan nutrisi, protein, dan serat. Lemak dan karbohidrat juga penting untuk kesehatan jantung dan tubuh yang sehat, namun, Anda harus mengetahui jenis dan jumlah yang dikonsumsi.

Pilihlah lemak sehat seperti minyak zaitun. Untuk karbohidrat, pilihlah roti gandum, roti atau pasta, daripada yang terbuat dari tepung putih.

Jangan lupa protein dalam diet Anda. Anda bisa mendapatkannya dari ikan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Nutrisi dalam bentuk protein ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Disarankan untuk menghindari minum alkohol. Terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan dapat menyebabkan gagal jantung atau stroke.

Latihan untuk jantung

Olahraga teratur membantu mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung. Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi atau rendah atau diabetes, maka Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk jenis olahraga yang dapat Anda lakukan.

Jika Anda tidak sehat, latihan intensitas tinggi mungkin tidak cocok untuk Anda. Mereka yang sehat dan di usia yang lebih muda didorong untuk berolahraga dengan baik sehingga mereka dapat menjaga semua kondisi risiko kesehatan tersebut.

Anda juga dapat berenang, bersepeda, menari, zumba, yoga, atau aktivitas aerobik lainnya sesuai pilihan Anda. Cobalah untuk tetap aktif sepanjang hari dan bekerja setidaknya selama 30 menit, 4 hingga 6 kali seminggu.

YesDok Ads