Tips Bercukur yang Aman dan Nyaman

October 14, 2020 | Claudia

Bercukur

Selain di kulit dan di kepala, rambut bisa tumbuh di berbagai tempat lainnya, misalnya di lengan, kaki, atau bahkan alat kelamin. Biasanya, banyak orang terganggu dengan tumbuhnya rambut-rambut di bagian lain selain kepala. Ini karena pertumbuhan rambut-rambut ini dianggap bisa mengganggu penampilan.

Bercukur merupakan salah satu cara paling umum untuk menyingkirkan pertumbuhan rambut-rambut yang tidak diharapkan ini. Namun, banyak yang tak mengerti bagaimana cara mencukur rambut di area lengan dan kaki dengan benar, sehingga tak menimbulkan masalah lainnya seperti luka atau iritasi kulit.

Berikut ini tips mencukur rambut di area lengan dan kaki yang aman, yang bisa Anda ikuti di rumah:

Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu

Sebelum bercukur, penting untuk melakukan eksfoliasi kulit terlebih dahulu. Ini bisa sangat membantu untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi dapat mencegah Anda mengalami luka selama proses bercukur. Gunakan scrub yang lembut untuk melakukan eksfoliasi kulit Anda.

Bercukur saat Anda mandi

Ketika Anda mandi, kulit menjadi basah, sehingga membuat kulit dan rambut lebih lembut. Mencukur rambut yang sudah lembut akan terasa lebih mudah, dan ini juga menurunkan risiko luka pada kulit akibat proses bercukur.

Pakai krim cukur

YesDok Ads

Satu hal yang tak boleh terlupa dari kegiatan bercukur ini adalah menggunakan krim cukur terlebih dahulu. Krim cukur dapat membantu melembapkan kulit dan memberikan Anda hasil cukuran yang halus tanpa meninggalkan iritasi kulit.

Jangan terlalu ditekan

Terlalu menekan saat proses bercukur bisa menyebabkan iritasi kulit, hasil cukuran yang tidak rata dan bahkan luka-luka goresan yang menyakitkan.

Jangan pakai pisau cukur untuk pria

Pisau cukur untuk pria dirancang untuk menyingkirkan pertumbuhan rambut jenggot pria yang tebal. Gunakanlah pisau cukur yang dirancang untuk wanita, karena pisau cukur ini dibuat untuk bekerja pada rambut yang tumbuh di area tubuh sehingga bisa lebih lembut jika dibandingkan pisau cukur untuk pria.

Pakai tabir surya setelah bercukur

Memakai tabir surya setelah bercukur juga menjadi satu hal yang harus dilakukan. Setelah bercukur, kulit Anda akan menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jadi, pastikan untuk selalu memakai tabir surya sebelum keluar ruangan dan terpapar sinar matahari.

(Foto: theblawesome.com)

YesDok Ads