0 Point
Kiwi

Tips Bebas dari Sembelit

Bagi sebagian orang, buang air besar (BAB) merupakan pekerjaan yang sulit. Ya, ini akibat sembelit yang mereka alami. Sembelit terjadi ketika seseorang tidak BAB secara teratur untuk waktu yang lama, dan feses yang dikeluarkan sangat keras, sehingga menimbulkan rasa sakit saat BAB.

Pergerakan usus setiap orang memang berbeda-beda. Banyak hal yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk BAB, dari mulai pola makan, penyakit yang dimiliki, hingga perubahan rutinitas. Meminum obat pencahar memang menjadi solusi untuk sembelit, namun, terlalu banyak minum obat tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lalu, adakah cara yang lebih aman untuk mengatasi sembelit?

Olahraga

Olahraga merangsang otot di bagian bawah sistem pencernaan. Usus pada bagian ini bertugas membuang limbah dari tubuh dalam bentuk kotoran (feses). Jalan cepat atau jogging merupakan beberapa contoh olahraga ringan yang sudah bisa membantu Anda terbebas dan terhindar dari sembelit.

Relaksasi

Tidak bisa BAB dapat membuat stres. Cobalah relaks dan lebih tenang saat BAB. Mengejan atau memaksa tubuh untuk BAB tidaklah baik, karena bisa memicu masalah lain untuk datang. Mengangkat lutut hingga ke atas pinggul dapat mempermudah buang air besar. Jadi, alih-alih mengejan dengan keras, cobalah cara ini agar BAB lebih lancar.

Buah kiwi

Buah kiwi kaya akan serat. Penelitian di tahun 2013 menunjukkan bahwa buah kiwi dapat membantu masalah pencernaan. Artinya, buah ini bisa menjadi pencahar alami yang bermanfaat untuk dicoba.

Kopi

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat membantu orang untuk BAB. Untuk itu, jika Anda sedang dilanda sembelit atau susah buang air besar, cobalah meminum secangkir kopi sebelum beranjak ke toilet. Ini bisa membantu merangsang BAB yang sulit.

Konsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kedua jenis serat baik yang larut maupun tidak larut, dibutuhkan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat. Beberapa sumber serat meliputi:

Serat larut

  • Buah
  • Gandum
  • Kacang-kacangan

Serat tidak larut

  • Pasta gandum utuh, roti, sereal
  • Kulit buah dan sayuran, seperti kentang atau apel
  • Beras merah

(Foto: healthline.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok