Tips Atasi Tangan dan Kaki yang Berkeringat

July 23, 2019 | Claudia

Musim panas bisa jadi mipi buruk, bagi mereka yang kerap mengalami keringat berlebih di telapak tangan atau kaki, yang biasa disebut hiperhidrosis. Ini kerap membuat mereka yang mengalaminya malu, apalagi saat harus berjabat tangan dengan orang lain. Belum lagi telapak kaki yang berkeringat saat mengenakan alas kaki tertutup, bisa menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Sayangnya, musim panas sepertinya masih akan berlangsung lama sebelum akhirnya musim hujan datang. Bagaimana caranya agar bisa terbebas dari masalah yang memalukan dan membuat tidak nyaman ini?

Baking Soda

Baking soda memiliki sifat basa dan dengan demikian dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Campurkan dua hingga tiga sendok makan baking soda ke dalam baskom air hangat dan celupkan tangan atau kaki Anda ke dalamnya selama 20 hingga 30 menit. Gosok-gosok juga tangan atau kaki Anda selama berada di dalam larutan baking soda. Setelah itu, angkat tangan atau kaki yang sudah direndam, dan tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih sampai kering.

Air dingin

Celupkan tangan dan kaki Anda yang berkeringat ke dalam air dingin selama 15 hingga 20 menit dalam sehari. Ini bisa meringankan masalah keringat berlebih di tangan dan kaki Anda.

Lemon

YesDok Ads

Lemon dapat digunakan dalam tiga cara untuk mengontrol keringat berlebih pada tangan dan kaki.

  • Ambil kulit lemon dan jeruk lalu keringkan. Setelah kulit lemon dan jeruk kering dan mengeras, hancurkan keduanya hingga berbentuk bubuk seperti bedak. Gunakan sedikit bedak dari kulit lemon dan jeruk ini pada tangan dan kaki Anda yang berkeringat. Simpan sisanya dalam wadah kedap udara untuk penggunaan di lain waktu.
  • Campur jus lemon dengan garam dan gosokkan di tangan Anda. Setelah kering, cuci kembali tangan Anda sampai bersih.

Cuka sari apel

Oleskan cuka sari apel di tangan dan kaki Anda yang berkeringat, dan biarkan hingga kering. Lalu, basuhlah tangan dan kaki Anda dengan air. Ini membuat pori-pori kulit mengencang sehingga membantu mengurangi keringat. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Jus tomat

Jus tomat memiliki efek dingin pada tubuh, sehingga bisa membantu mengatasi masalah keringat berlebih pada tangan dan kaki. Minumlah jus tomat setiap hari atau celupkan tangan atau kaki yang berkeringat ke dalam jus tomat. Jus ini juga mengandung natrium, yang pada gilirannya membantu menjaga telapak tangan dan kaki tetap kering bebas dari keringat.

(Foto: leav.tv)

YesDok Ads