Tips Atasi Kulit Gatal yang Mengganggu

June 24, 2021 | Claudia

Kutil gatal

Kulit gatal atau yang disebut pruritus, bisa membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Kulit gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigitan serangga, iritasi, reaksi alergi, hingga kurangnya menjaga kebersihan diri. Gatal memang kondisi yang umum dan cenderung mudah diobati. Berikut adalah beberapa pengobatan alami untuk meredakan gatal:

Kompres dingin

Menurut The American Academy of Dermatology, kompres dingin dapat membantu meredakan gatal di kulit. Tempelkan kompres pada kulit yang gatal selama 5-10 menit untuk membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan gatal.

Selain kompres dingin, Anda juga bisa menyimpan losion tubuh Anda di lemari es, sehingga ketika memakainya, ada efek atau sensasi dingin pada kulit yang bantu meredakan gatal.

Cuka sari apel

YesDok Ads

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang telah digunakan sebagai desinfektan dan antiseptik luka secara alami. Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), cuka sari apel dapat sangat membantu dalam meredakan kulit kepala yang gatal.

NPF merekomendasikan untuk mengencerkan terlebih dahulu cuka sari apel dalam air, dengan menggunakan perbandingan 1 banding 1. Setelahnya, oleskan larutan cuka sari apel pada kulit kepala yang gatal dan biarkan hingga mengering sebelum membilasnya kembali dengan air hangat. Akan tetapi, cuka sari apel harus dihindari pada orang dengan kulit yang pecah-pecah, berdarah, atau terdapat luka yang terbuka, karena ini bisa menyebabkan sensasi terbakar dan iritasi lebih lanjut.

Pelembap

Pelembap seperti krim untuk wajah atau losion tubuh, dapat membantu menghidrasi lapisan terluar kulit. Keduanya juga baik untuk mengatasi gatal-gatal dan kulit yang kering. Pelembap yang baik mengandung humektan dan emolien. Humektan menarik air ke dalam kulit, sementara emolien membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit yang membantu dalam mengunci kelembapan.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kulit Anda tetap lembap dan terhindar dari rasa gatal:

  • Gunakan pelembap setelah mandi, saat kulit masih sedikit lembap
  • Gunakan pelembap dengan kandungan minyak yang tinggi
  • Lembapkan tangan setiap kali selesai mencuci tangan
  • Lembapkan kulit sebelum tidur untuk membantu kulit tetap terhidrasi sepanjang malam

(Foto: earth.com)

YesDok Ads