Tips Atasi Kadar Kolesterol Jahat yang Tinggi

April 27, 2021 | Claudia

Makan sayur

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Ini mempunyai fungsi penting untuk memproduksi hormon dan membantu fungsi organ. Kolesterol juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan. Kolesterol memang memiliki fungsi yang penting, namun jika kadarnya berlebihan dalam tubuh, ini bisa menyebabkan serangan jantung, stroke ringan hingga berat, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Ketika tubuh kelebihan kolesterol, kolesterol akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah. Lama-kelamaan, ini akan mengurangi ruang di mana darah seharusnya lewat, sehingga mengakibatkan pengerasan pembuluh darah, menyumbat aliran darah, dan menyebabkan peningkatan tekanan darah yang bisa berujung serangan jantung. Aliran darah yang tersumbat juga sangat merugikan organ tubuh lainnya.

Semakin bertambah usia, akan semakin besar risiko Anda mengalami kadar kolesterol yang tinggi. Untuk itu, Anda perlu mengontrol kadar kolesterol Anda secara baik, dengan cara:

Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). kolesterol jahat disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah. Ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi lemak jenuh tak boleh melebihi 16 gram setiap harinya. Alih-alih terus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, pilihlah makanan lain yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, karena bisa mengurangi kadar LDL dan melindungi kadar HDL atau kolesterol baik.

Mengonsumsi lemak sehat

Tidak semua lemak meningkatkan kolesterol. Lemak baik justru membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan seperti minyak zaitun, avokad, ikan, dan kacang-kacangan mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat membantu menurunkan jumlah trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol. 

Kurangi konsumsi gluten

Makanan yang bersumber dari gandum kebanyakan mengandung gluten yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya gluten bisa menimbulkan lebih banyak bahaya bagi jantung daripada kolesterol.

Konsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Penelitian telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut hingga sebanyak 5-10 gram, seperti yang ditemui dalam buah-buahan dan sayuran, dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol dalam darah sebesar 5 persen. 

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads