Tips Atasi Jerawat di Musim Panas

April 24, 2022 | Iman

Jerawat

Jerawat bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi kebanyakan dari kita sepanjang tahun. Musim panas dapat memperburuk selama musim panas karena paparan UV.

Oleh karena itu, penting mengubah kebiasaan perawatan musim panas terutama untuk pergi berlibur ke pantai.  Jika Anda telah berjuang melawan jerawat untuk sementara waktu sekarang, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa mereka menjadi lebih buruk selama musim panas.

Perlu kita pahami adalah bahwa jerawat tidak bertambah parah karena paparan sinar matahari. Jerawat dapat semakin buruk karena peningkatan produksi minyak, keringat, dan  penyumbatan pori-pori yang terjadi dengan suhu yang lebih hangat.

Seseorang cenderung melapisi kulit  dengan tabir surya, pelembab, serum untuk menjaga kulit kita bersinar dan sehat, tetapi produk-produk ini bila dicampur dengan keringat, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat bertambah parah. 

YesDok Ads

Ketika kita menggunakan tabir surya dan pelembab tertentu yang konsistensinya kental, bersama dengan peningkatan keringat selama musim panas dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan perkembangan jerawat.

Jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk, bentuk yang lebih ringan seperti jerawat komedonal (komedo dan komedo putih) yang dapat diobati dengan produk yang tersedia di pasaran seperti asam salisilat atau pencuci muka berbasis Benzil peroksida. Bentuk parah dengan lesi inflamasi, pustula, dan varian nodulokistik memerlukan penanganan dokter kulit.

Tips untuk mencegah jerawat musim panas

  • Gunakan pembersih wajah berbusa dua kali sehari
  • Selalu gunakan tabir surya di siang hari
  • Hindari lotion atau krim yang berat karena mudah menyumbat pori-pori
  • Jangan memencet jerawat itu
  • Jaga dari minuman manis selama musim panas
  • Bersihkan diri atau mandi segera setelah Anda keluar dari kolam renang atau pantai.
YesDok Ads