Tips Anti Pegal-Pegal Saat Perjalanan Mudik

April 30, 2022 | Aqiyu

mudik

Libur lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi. Pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik tahun ini. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi masyarakat yang beberapa tahun belakangan ini tidak bisa mudik akibat penyebaran Covid-19 yang begitu cepat. Sudah bisa diprediksi kalau pemudik tahun ini akan padat dan menyebabkan kemacetan khusus yang menempuh jalur darat. Tapi jangan khawatir, ada tips mudah agar Anda tidak pegal-pegal selama perjalanan.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, kebayangkan pegalnya jika jalanan macet dan harus menyetir mobil jarak jauh? Pegal-pegal ini sebenarnya sudah menjadi keluhan umum para pemudik selama perjalanan. Duduk berjam-jam dapat membuat otot tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Terlebih persendian Anda juga akan terasa lebih kaku dari biasanya. Agar badan tetap bugar dan tidak pegal-pegal, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan tempat duduk Anda.

Pastikan selama perjalanan, tempat duduk atau sandaran duduk Anda diatur sesuai kenyamanan punggung tidak terlalu tegak atau juga terlalu rendah. Sesekali luruskan kaki Anda dan bila perlu pakailah bantal kecil untuk menyangga pinggang. Usahakan berhenti istirahat setiap 4 jam sekali untuk meregangkan sendi-sendi Anda yang kaku. Pakailah krim pegal linu untuk meringankan rasa pegal. Atau kompres dengan air hangat bagian tubuh yang pegal-pegal.

YesDok Ads

Untuk mencegah pegal-pegal selama perjalanan mudik, Anda dapat melakukan beberapa hal kecil yang berdampak besar pada kesehatan tubuh. Seperti rutin olahraga dapat membantu menjaga tubuh selalu fit. Lalu, diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung tinggi nutrisi dan gizi yang seimbang. Jangan lupa juga memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dan tubuh tetap terhidrasi. 

Istirahat secukupnya dan jangan memaksakan tubuh bila dilanda kelelahan yang berlebihan. Gunakan pula waktu luang untuk tidur dan menambah energi. Bila setelah perjalanan selesai namun rasa pegal tidak kunjung hilang dan disertai dengan gejala lainnya sebaiknya segera tanyakan ke dokter.

YesDok Ads