Tips Aman Simpan Obat di Rumah

February 20, 2022 | Iman

Obat di rumah

Dalam upaya pencegahan maupun pengobatan suatu penyakit dibutuhkan beberapa jenis obat yang akan digunakan di rumah. 

Biasanya, di fasilitas kesehatan hanya dijelaskan mengenai bagaimana penggunaan obat tersebut. Penyimpanan obat ketika dalam perjalanan maupun setibanya dirumah perlu diperhatikan dengan baik dan benar. 

Selain itu, ada bermacam macam bentuk sediaan obat. Mulai dari yang padat seperti tablet, kapsul, yang cair seperti sirup, ada pula yang cair dengan ketentuan harus dikocok terlebih dahulu karena bercampur dengan minyak, kemudian ada pula sediaan semprot, tetes mata, insulin dan masih banyak lagi. 

Berbagai macam sediaan obat tersebut memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda. Penyimpanan obat yang sesuai dengan karakteristiknya akan mempengaruhi fungsi obat tersebut. 

Jadi, ketika obat yang akan dikonsumsi berada dalam stabilitasnya akan memberikan efek obat yang diinginkan. Sebaliknya, jika penyimpanan tidak sesuai, obat tersebut tidak dapat memberikan efek yang diinginkan sehingga fungsinya menjadi tidak optimal. 

Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan obat secara umum :

  1. Jangan melepas etiket (label obat) kemasan obat dari rumah karena biasanya pada label obat tersebut tercantum nama, nama obat, cara penggunaan, expired date atau tanggal kadaluarsa. 
  2. Ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan (khusus obat-obatan yang dibeli sendiri) dan keterangan penyimpanan.
  3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  4. Obat dapat diletakkan di dalam wadah atau tempat yang tertutup rapat serta jauh dari sinar matahari langsung, karena biasanya obat-obatan sensitif dari panas, udara, kelembaban dan sinar matahari. Tidak disarankan menyimpan obat-obatan di dalam mobil karena suhu di mobil tidak stabil sehingga obat dapat cepat rusak.
  5. Perhatikan tanda-tanda kerusakan obat. Tanda-tanda kerusakan obat bisa dilihat secara fisik seperti perubahan warna dan juga dari aroma. Jika sudah terdapat perubahan, obat-obatan tersebut tidak dapat digunakan lagi.
YesDok Ads