Diet
+1

Tips Ahli untuk Diet Kelola Kolesterol

February 22, 2022 | Iman

Makanan sehat

Kolesterol adalah zat seperti lilin yang ditemukan dalam darah dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi vital. Ada dua jenis kolesterol-high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Ketika jumlah LDL dalam aliran darah naik ke tingkat yang berbahaya, ia mulai menempel pada dinding arteri, menyempit dan kemudian menghalanginya. Pada akhirnya ini mengganggu aliran darah kaya oksigen dan nutrisi ke organ lain sehingga meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Penyebab utama kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang buruk dan asupan makanan berlemak yang tidak sehat secara berlebihan. Untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat, diet yang baik bersama dengan obat-obatan memainkan peran penting.

Satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol Anda adalah dengan melakukan tes darah yang tepat di laboratorium. Laporan darah umumnya menunjukkan jumlah keempat jenis lemak yang ada dalam tubuh: HDL, LDL, VLDL atau lipoprotein densitas sangat rendah dan trigliserida (TG). Seseorang dikatakan sehat jika kadar kolesterol totalnya di bawah 200 mg/dL, namun yang menarik adalah kadar LDL tidak boleh melebihi ambang batasnya. Kadar kolesterol normal harus:

- HDL: 50 mg/dL ke atas

- LDL: 100 mg/dL hingga 150 mg/dL

- VLDL: 25 mg/dL ke bawah

- TG- 150 mg/dL ke bawah

YesDok Ads

Apa yang harus Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol?

Disarankan seseorang memasukkan makanan sehat dan bergizi dalam diet Anda. Lemak sehat, protein dan mineral mengurangi tingkat kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Seorang ahli diet, Anuja Gaur merekomendasikan pasien yang menderita kolesterol tinggi memiliki lebih banyak makanan berserat tinggi dan karbohidrat kompleks seperti gandum utuh.

Bersamaan dengan itu, sertakan lebih banyak sayuran musiman dan berdaun hijau dalam porsi makanan. Sayuran musiman harus menjadi bagian dari semua makanan dan sayuran berdaun hijau harus dikonsumsi 4-6 kali seminggu. Buah musiman juga harus dimasukkan dalam diet Anda, terutama buah sitrat.

Segenggam almond dan kenari dalam sehari bisa menjadi pilihan camilan yang baik di antara waktu makan. Untuk memasak makanan Anda menggunakan lebih sedikit minyak dan tetap berpegang pada produk susu rendah lemak.

Apa yang perlu hindari untuk menurunkan kadar kolesterol Anda?

Untuk orang yang didiagnosis dengan kolesterol tinggi, direkomendasikan untuk menghindari produk makanan berlemak seperti kuning telur, daging kambing, jeroan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Produk makanan olahan dan tinggi lemak seperti tepung olahan, makanan cepat saji, makanan olahan, produk roti, mentega, keju perlu dikurangi.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads