Tingkatkan Mood Anda dengan Cara Ini

July 09, 2021 | Kaifia

salmon

Serotonin adalah pembawa pesan kimia yang diyakini bertindak sebagai penstabil suasana hati. Serotonin sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan orang sering mengaitkannya dengan suasana hati yang positif. 

Berkurangnya kadar serotonin di otak dapat menjadi penyebab masalah memori dan suasana hati yang rendah. Juga, kadar serotonin yang rendah lebih cenderung memengaruhi seseorang secara negatif jika mereka pernah mengalami depresi sebelumnya.

Tetapi untuk pendekatan yang lebih alami untuk kemungkinan meningkatkan kadar serotonin Anda, Anda dapat mencoba makan makanan yang mengandung triptofan. Diketahui bahwa penipisan triptofan terlihat pada mereka yang memiliki gangguan mood seperti depresi dan kecemasan.

Triptofan adalah asam amino yang penting untuk produksi serotonin dalam tubuh. Ini juga merupakan kunci fungsi otak dan memiliki peran dalam tidur yang sehat.

Makanan berikut adalah sumber triptofan yang baik:

Salmon

Salmon memiliki manfaat nutrisi lain seperti membantu menyeimbangkan menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik.

Makan dua porsi ikan berminyak per minggu memberikan triptofan yang cukup. Vegan dan vegetarian bisa mendapatkan omega-3 dari biji kelabu, kenari, dan kedelai

Kacang-kacangan dan bijian-biji

YesDok Ads

Kacang-lacangan dan biji-bijian adalah sumber tanaman triptofan. Biji tidak mengandung triptofan sebanyak ikan berminyak atau telur. Namun, mereka adalah sumber triptofan dan protein yang baik untuk vegetarian dan vegan.

Beberapa cara mudah untuk makan lebih banyak biji-bijian yaitu:

  • Mencampurkan kacang dan biji-bijian untuk cemilan
  • Menaburkan biji ke salad
  • Menambahkan biji ke sereal, bubur, atau yogurt


Telur

Protein dalam telur dapat secara signifikan meningkatkan kadar triptofan plasma darah Anda

Kuning telur sangat kaya akan tryptophan, bersama dengan:

  • Tirosin
  • Kolin
  • Asam lemak omega-3
  • Biotin

Nutrisi lain yang merupakan kontributor utama manfaat kesehatan dan sifat antioksidan telur.

Tahu

Produk kedelai adalah sumber yang kaya triptofan. Anda dapat mengganti tahu dengan hampir semua protein, dalam hampir semua resep, menjadikannya sumber triptofan yang sangat baik untuk vegetarian dan vegan.

YesDok Ads