Tingkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

June 10, 2020 | Iman

Jintan hitam

Coronavirus (Covid-19) masih jadi ancaman nyata terutama di Indonesia, walaupun tengah mempersiapkan new normal, tidak dapat dipungkiri bahwa virus ini masih menghantui. Terbukti pada 9 Juni 2020, kasus positif Covid-19 menyentuh angka 1000 dalam satu hari.

Agar tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit, masyarakat perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi nutrisi sehat dan seimbang. 

Salah satu yang bisa dilakukan adalah Konsumsi herbal secara rutin dan teratur karena terbukti dapat meningkatkan imunitas yang sangat penting untuk perlindungan tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. 

Daya tahan tubuh yang prima sangat penting untuk perlindungan tubuh dari serangan penyakit infeksi. Semakin baik daya tahan tubuh seseorang, maka semakin kuat tubuhnya dalam melawan berbagai penyakit infeksi. 

Seseorang dengan sistem pertahanan tubuh yang prima, memiliki respon imun yang baik di mana tubuhnya dapat segera memproduksi antibodi ketika antigen terdeteksi. 

Masyarakat dihimbau untuk mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang, serta menjalani pola hidup sehat agar imunitas tetap terjaga, terlebih lagi saat ini dimana ancaman paparan Covid-19 sedang tinggi. 

YesDok Ads

Konsumsi kurma, habbatussauda (jinten hitam) dan madu sangat dianjurkan karena terbukti dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. 

Kurma atau phoenix dactylifera mengandung sumber nutrisi penting seperti Vitamin C, B1, B2, A, Niasin, Kalsium, Magnesium dan Zinc. Menurut National Institute of Healthy (NCBI), kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi. Adapun, habbatussauda (jintan hitam) atau nigella sativa dikenal dengan julukannya ‘penyembuh segala penyakit’. 

Habbatussauda termasuk dalam kelompok imunostimula fitogenik yang membantu membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi atau anti-infeksi dan antioksidan. 

Sedangkan madu berkualitas atau mel depuratum merupakan sumber gizi yang bermanfaat meningkatkan imunitas dan mempercepat proses pemulihan. Kombinasi korma, habbatussauda (jinten hitam) dan madu ini bekerja secara alami dalam tubuh dan efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah nutrisi secara alami. 

(Foto : medicalnewstoday)

YesDok Ads