Tidur Tanpa Celana Dalam Pengaruhi Kesuburan Pria

September 27, 2020 | Aqiyu

pria tidur

Anda bisa merasakan tidur yang berkualitas bila saat tidur Anda merasa nyaman. Kenyamanan ini bisa Anda dapatkan saat tidur ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya terkait dengan apa yang Anda pakai saat tidur.

Sebab, apa yang Anda gunakan seperti celana dalam khususnya bagi pria disebut-sebut dapat memengaruhi kesuburan. Lalu benarkan tidur dengan menggunakan celana dalam dapat menganggu kesuburan pria?

Faktanya para ahli menegaskan bahwa pria tidak disarankan untuk tidur menggunakan pakaian dalam, baik itu celana dalam atau celana boxer yang longgar. Hal senada pun disampaikan oleh sebuah studi yang mangatakan bahaw pria yang menggunakan celana pendek longgar di siang hari dan tidak menggunakan celana dalam saat tidur memiliki tingkat kerusakan DNA ada sperma yang jauh lebih rendah.

Tidur menggunakan celana dalam dapat mengganggu kesehatan penis dan berpengaruh pada kualitas sperma. Hal ini disebabkan penis dapat mudah tertekan dan celana dalam akan menambah suhu di area sekitar penis. Akibatnya, produksi sprema terganggu. Padahal untuk menghasilkan sperma yang berkualitas baik, suhu testis setidaknya berada dalam 35 derajat celcius atau lebih rendah dari suhu tubuh. Dengan kata lain, agar sperma yang dihasilkan optimal maka suhu area penis perlu suhu yang tepat yakni tidak terlalu hangat.

YesDok Ads

Selain itu, suhu yang hangat di selangkangan dan sekitarnya bisa menciptakan kelembaban yang dapat memicu pertumbuhan bakteri. Serta dapat meningkatkan risiko iritasi dan juga infeksi. Untuk itu, hindari menggunakan celana dalam yang ketat dan berlapis-lapis saat tidur. Celana ketat juga dapat menyebabkan aliran darah ke testis tidak lancar dan membuatnya tidak leluasa bernapas.

Penurunan kualitas sperma atau kesuburan pada pria akibat peningkatan suhu tidak hanya dipengaruhi oleh penggunaan celana dalam di malam hari saja. Tetapi pilihan celana dalam yang Anda pakai sepanjang hari untuk beraktivitas juga sedikit lebih memengaruhi pula. Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah tetap menjaga kebersihan area penis.

(Foto: daily express)

YesDok Ads