Tidur Siang Bisa Membuat Ingatan Bayi Kuat

November 16, 2019 | Aqiyu

Bayi yang baru lahir hingga usia dibawah satu tahun cenderung akan menghabiskan waktunya lebih banyak untuk tidur. Namun, tidak semua orang tua mengetahui manfaat dari tidur siang bayi. Padahal ada keterkaitan antara tidur siang dengan tumbuh kembangnya.

Bayi yang rutin tidur siang selama 30 menit dapat mengingat pelajaran yang diberikan bagaimana cara memasukkan dan melepaskan mainan tersebut dari tangan mereka. Sementara itu, grup bayi yang tidak tidur siang kesulitan melakukannya.

Studi yang dilakukan oleh Dr Jane Herbert dari department psikologi Sheffield University menerangkan bahwa pembelajaran bisa dilakukan menjelang tidur siang dengan membacakan buku sampai mereka terlelap. Penelitian yang dilakukan kepada 216 bayi berusia 6-12 bulan. Para bayi yang sudah dibagi ke dalam dua grup diuji untuk mempelajari hal baru yakni memasukkan dan melepaskan mainan boneka tangan. Hasilnya, para bayi yang tidur siang ternyata mampu mengingat hal tersebut dibandingkan yang tidak.

YesDok Ads

Hal senada juga disebutkan oleh penelitian lain bahwa tidur siang membantu perkembangan memori bayi. Kategori bayi dengan rentan usia 6-12 bulan menunjukkan daya ingat yang jauh lebih baik serta mampu mengingat tindakan, informasi bahkan perilaku baru.

Tidur siang juga membantu si kecil untuk mengistirahatkan pikirannya. Setelah tidur siang, pikiran bayi akan lebih segar dan bayi akan menyimpan informasi lebih baik lagi. Itu mengapa bayi juga masih membutuhkan banyak tidur dibandingkan orang dewasa. 

(Foto: parenting)

YesDok Ads