Diet
+1

Tidur Siang Bisa Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?

August 03, 2021 | Aqiyu

tidur siang

Banyak yang percaya jika tidur dapat membuat berat badan naik. Oleh sebab itu, ada beberapa orang yang memilih untuk mengurangi jam tidurnya, termasuk tidur siang. Tidur siang dianggap bisa menyebabkan kegemukan. Lalu, apakah itu mitos atau fakta?

Sebenarnya bukan waktu tidur siang yang membuat badan gemuk. Tapi karena kurangnya aktivitas fisik yang membakar kalori dibandingkan jumlah kalori yang masuk. Kenaikan berat badan bisa terjadi saat Anda terlalu sering atau banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalori. Namun hal tersebut tidak dimbangi dengan melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori.

Kalori yang masuk tapi tidak terbakar sebagai energi, kalori berlebih tersebut akan tertimbun menjadi lemak dalam tubuh. Sehingga kenaikan berat badan tidak terhindarkan. Hingga saat ini pun belum ada bukti penelitian yang menyebutkan tidur siang memiliki efek kegemukan pada tubuh. Untuk itu, disarankan tidak tidur siang dalam durasi yang cukup lama. Idealnya, durasi tidur siang adalah sekitar 30 menit.

Tidur siang terlalu lama atau lebih dari 30 menit akan membuat badan Anda terasa tidak nyaman. Bisa jadi Anda merasa kelelahan saat terbangun. Bahkan tidur siang terlalu lama dapat membuat Anda mengantuk sepanjang hari hingga akibatnya Anda malas melakukan aktivitas. Menurut pakar kesehatan, jeda antara makan siang dan tidur siang adalah 1-2 jam. Dalam durasi tersebut, tubuh akan mulai mencerna makanan dan membakar lemak. Jadi, setelah makan, sebaiknya Anda memberi jarak untuk mencegah kenaikan berat badan.

YesDok Ads

Tidur siang justru dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur siang yang singkat dapat meningkatkan hormon pereda stres. Hormon tersebut yang akan membuat Anda lebih segar saat terbangun. Selain itu, penelitian dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa orang yang tidur siang dapat membakar 10 persen kalori lebih banyak.

Tidur siang yang baik adalah antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Waktu tersebut akan membuat tubuh membakar energi lebih banyak dibandingkan tidur yang dilakukan terlalu pagi atau terlalu sore. Bagi Anda yang sedang diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

(Foto: sleep better georgia)

YesDok Ads