Tidur Menggunakan Lensa Kontak, Pria Ini Alami Kebutaan

February 22, 2023 | Helmi

tidur menggunakan lensa kontak

Seorang pria asal Florida mengalami kebutaan pada satu matanya setelah tidur menggunakan lensa kontak. Pria bernama Mike Krumholz tersebut bercerita bahwa dirinya tidur siang selama 40 menit tanpa melepas lensa kontaknya.

Setelah tidur sebentar, dia bangun dengan mata kanannya yang iritasi dan meradang. Namun, dia pikir tidak ada yang salah dengan itu, dan pada akhirnya akan mereda.

"Lensa kontak saya terasa seperti mengambang di mata saya. Saya mengeluarkannya (lensa kontak), dan tidak ada yang salah," katanya.

Tetapi dia segera menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres ketika rasa tidak nyaman tersebut tidak kunjung hilang. Keesokan harinya, dia pergi menemui dokter mata. Tapi dia salah didiagnosis dengan virus herpes simpleks 1.

Krumholz telah memakai lensa kontak selama bertahun-tahun. Dan itu bukan pertama kalinya dia lupa mengeluarkannya, jadi terkena infeksi mata yang aneh sepertinya tidak mengkhawatirkannya.

Namun, kondisinya semakin parah. Selama sekitar satu bulan, dia harus menghadapi iritasi yang terus berlanjut dan penglihatan kabur. Saat itulah dia memutuskan untuk pergi ke rumah sakit.

Mike akhirnya didiagnosis dengan keratitis Acanthamoeba setelah serangkaian tes. Infeksi ini disebabkan oleh amuba bersel tunggal yang biasanya ditemukan di badan air, tanah, dan udara, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Kondisi tersebut mempengaruhi penutup luar mata yang transparan yang disebut kornea dan menyebabkan beberapa gejala, termasuk nyeri, kemerahan, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, robekan berlebihan dan sensasi ada sesuatu di mata. 

CDC menjelaskan sebelum menambahkan bahwa sebagian besar infeksi. mempengaruhi pemakai lensa kontak. Lensa kontak menyediakan tempat yang baik untuk berkembang bagi parasit ketika disimpan dan ditangani dengan tidak tepat.  

Disinfeksi yang buruk dan bersentuhan dengan air yang terkontaminasi saat berenang atau mandi dapat menyebabkan infeksi.

Dalam kasus Krumholz, ia harus menjalani prosedur yang disebut terapi fotodinamik di mana dokter harus meletakkan bagian putih matanya di atas pupil agar dapat melawan parasit.

Tapi tampaknya sudah terlambat untuk menyelamatkan penglihatannya di mata yang terinfeksi. Menurutnya, dia hanya melihat "kedipan hitam dan abu-abu", seperti statis TV di mata kanannya.

"Saya tidak bisa menjelaskan satu rasa sakit seperti ini dalam hidup saya. Ini seperti kejutan yang terus-menerus, rasa sakit yang terus-menerus. Saya cukup bangga dengan toleransi rasa sakit saya, tetapi saya telah berteriak kesakitan. Saya berharap saya melebih-lebihkan," katanya.

Memperparah keadaannya, Krumholz saat ini tidak memenuhi syarat untuk transplantasi mata. Dia juga harus berhenti belajar sambil menerima perawatan untuk mengurangi keparahan infeksi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa tidur menggunakan lensa kontak sangatlah berbahaya dan tidak disarankan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads