Tidur Lebih dari 6 Jam Diwajibkan untuk Penderita Penyakit Ini

October 07, 2019 | Helmi

Diabetes dan penyakit kardiovaskular menjadi salah satu penyakit paling umum yang diderita orang dewasa di Amerika Serikat.

Tetapi kadar gula darah tinggi atau tekanan darah bukan satu-satunya masalah penderita diabetes atau penyakit kardiovaskular. Mereka juga mungkin memiliki risiko tinggi untuk kanker dan kematian dini, menurut sebuah studi.

Itu karena kebiasaan yang tidak sehat. Para peneliti menemukan bahwa risiko meningkat pada orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam per hari setelah mengalami stroke, penyakit jantung atau diabetes tipe 2.

Studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menganalisis data pada lebih dari 1.600 orang dewasa, berusia 20 hingga 74, yang merupakan bagian dari Penn State Adult Cohort. Para peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok berdasarkan kondisi medis mereka.

Satu kelompok termasuk pria dan wanita yang memiliki tekanan darah tinggi stadium 2, sementara setengahnya didiagnosis dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung atau stroke. Para peneliti mengikuti peserta dari 1991 hingga 2016.

Mereka melihat kualitas dan lama tidur mereka di laboratorium pada tahun-tahun awal penelitian dan melacak penyebab kematian mereka hingga 2016. Hasil menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam membuat peserta dengan tekanan darah tinggi atau diabetes dua kali lebih mungkin mati karena penyakit jantung atau stroke.

YesDok Ads

Sementara itu, kelompok yang mengembangkan penyakit jantung atau mengalami stroke dan tidur kurang dari enam jam memiliki risiko tiga kali lebih tinggi meninggal akibat kanker.

Para peneliti juga mengatakan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari enam jam memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah meskipun memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes.

"Studi kami menunjukkan bahwa mencapai tidur normal mungkin melindungi bagi beberapa orang dengan kondisi dan risiko kesehatan ini," Julio Fernandez-Mendoza, penulis utama studi dan seorang profesor di Pennsylvania State College of Medicine.

Dia mengatakan bahwa perawatan kesehatan harus menambah durasi tidur sebagai salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memeriksa pasien.

Peneliti menambahkan mengidentifikasi masalah tidur orang dengan diabetes atau penyakit kardiovaskular dapat membantu meningkatkan pencegahan dan perawatan.

YesDok Ads