Diet
+1

Tidur Dapat Membuat Berat Badan Berkurang, Benarkah?

April 03, 2023 | Aqiyu

Tidur Dapat Membuat Berat Badan Berkurang

Biasanya setiap orang yang berniat untuk menurunkan berat badan melakukan diet atau olahraga. Ya, cara tersebut memang umum dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, ada cara lain yang dapat mendukung menurunkan berat badan yaitu dengan cara tidur. Tidur dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa mimpi. Mau coba? Yuk simak penjelasan Tidur Dapat Membuat Berat Badan Berkurang berikut ini.

Tidur Dapat Membuat Berat Badan Berkurang

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa tidur dapat membuat berat badan berkurang. Berat badan ini dapat menyusut saat tidur terutama di malam hari. Karena tidur di waktu tersebut tubuh akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan tidur siang. Berikut ini panduan cara tidur di malam hari yang dapat melangsing tubuh, wajib dicoba:

Makan malam dengan porsi kecil

Untuk menurunkan berat badan, Anda tetap diperbolehkan makan malam namun hanya dalam porsi yang kecil. Usahakan Anda tidak mengonsumsi makan malam dalam porsi yang besar atau tidak makan sama sekali sebelum tidur. Jika makan terlalu malam hormon pertumbuhan akan menyimpan makanan sebagai lemak dan bukan bahan bakar.

Mengonsumsi protein sebelum tidur

Saat malam malam sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein. Sebab, konsumsi protein sebelum tidur adalah cara ampuh melunturkan lemak dan melangsingkan tubuh. Para peneliti Florida State University menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 30 gram minuman berprotein sebelum tidur mengalami pembakaran energi istirahat yang lebih tinggi.

YesDok Ads

Tidur tanpa cahaya

Sebuah penelitian dari National Sleep Foundation menyebutkan bahwa paparan cahaya malam hari bisa mengacaukan ritme sirkadian alami tubuh. Jika ritme sirkadian alami tubuh kacau dapat mendorong untuk menahan lemak.

Matikan elektronik

Penelitian dari Harvard menemukan fakta bahwa paparan cahaya biru dari barang elektronik Anda seperti ponsel dan TV dapat mencegah produksi melatonin dalam tubuh. Dimana melatonin dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Tidur cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup sangat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Usahakan untuk istirahat 8-9 jam per hari atau minimal 6 jam. Dengan tidur yang berkualitas akan membantu metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik sehingga sistem pencernaan bekerja dengan maksimal dalam membakar lemak.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads