Tidur Berkualitas Bisa Cegah Terpapar Virus Corona?

October 22, 2020 | Helmi

tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting dan memiliki beragam manfaat. Namun muncul pertanyaan, apakan tidur selama 7-8 jam setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda? Terutama saat ini, bisakah membantu melindungi Anda dari virus corona?

Ada banyak penelitian yang mencoba menguraikan hubungan antara tidur, kekebalan dan akhirnya, perlindungan dari Covid-19.

Menurut Dr Jigar Haria, profesor spesialis Penyakit Dalam di Teerthanker Mahaveer Medical College, Dr Prerana Gupta, profesor Psikiatri di Teerthanker Mahaveer Medical College,  dan Dr Jasvir Singh, THT di Rumah Sakit Kota Sri Ganga Ram.

Menurut Dr Jigar Haria, profesor spesialis Penyakit Dalam di Teerthanker Mahaveer Medical College, "Tidur adalah kebutuhan biologis bagi tubuh daripada kemewahan. Selama tidur, tubuh mengisi ulang, memperbaiki kerusakannya, tumbuh pada tingkat jaringan dan juga mengatur informasi yang baru dipelajari.”

Tidur dan sistem sirkadian mengerahkan pengaruh pengaturan yang kuat pada fungsi kekebalan. Jumlah sel kekebalan yang bersirkulasi seperti sel pembunuh alami sitotoksik, serta aktivitas sitokin anti-inflamasi memuncak selama terjaga di siang hari.

Jadi, tidur yang tidak cukup berkualitas dapat mengganggu pertahanan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit yang parah. Selain itu, Covid-19 dapat menyebabkan kurang tidur karena gejala, stres, kecemasan, dan lagi-lagi membahayakan kekebalan.

YesDok Ads

Kurang tidur akan menghalangi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri. Hal ini akan mengganggu fungsi tubuh lainnya yang akan berdampak langsung pada kekebalan Anda. Namun di saat yang sama, tidur berlebihan juga tidak disarankan.

Meski demikian, Dr Sandeep Nayar, Direktur Senior dan HOD Chest and Penyakit Pernafasan di Rumah Sakit BL Kapoor menyebutkan bahwa tidur lebih sedikit tidak akan membuat Anda tertular virus corona, tetapi yang pasti itu akan menurunkan kekebalan Anda. Tetapi jika Anda tertular Covid-19, maka kemungkinan mengalami bentuk yang parah

Selain efek dari kurang tidur, seseorang bisa terpapar Covid 19 mungkin karena tidak mengikuti semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan mungkin melakukan kesalahan dengan tidak memakai masker dengan benar atau bahkan mencuci tangan dengan bersih.

“Tidur yang cukup 7-8 jam sangat penting untuk meremajakan sistem kekebalan kita dan memperkuatnya. Jadi mereka yang tidak memberi tubuh banyak waktu untuk membangun pertahanannya berisiko terkena penyakit yang lebih parah,” jelas Dr Nayar.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads