Tidur Berkualitas Bantu Bakar Kalori, Bagaimana Caranya?

September 28, 2021 | Claudia

Tidur

Siapa tak ingin miliki berat badan ideal? Semua orang pasti mendambakannya, hanya sejauh mana mereka berusaha untuk meraihnya. Menurunkan atau menaikkan berat badan memang pekerjaan yang tidak mudah dan tidak instan. Semua ada prosesnya yang harus dilakukan dengan saksama.

Diet dan olahraga kerap disebut-sebut sebagai kunci utama penurunan berat badan. Namun tahukah Anda, sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa tidur juga dapat mengurangi asupan kalori? Akan tetapi, ini tentu tidak semudah memejamkan mata dan secara ajaib lemak di tubuh Anda menghilang begitu saja.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan, sehingga tidur dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan Anda. Misalnya dengan meminum susu protein sebelum tidur. Susu protein dapat membangun energi di saat tidur untuk beraktivitas keesokan harinya. Susu protein juga dapat membentuk otot, dan semakin banyak otot yang terbentuk maka semakin besar juga kalori terbakar saat beristirahat.

Untuk mengoptimalkan pembakaran kalori selama tidur, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yakni:

Hindari penggunaan ponsel sebelum tidur

Penggunaan gawai sebelum tidur harus dihindari jika Anda menginginkan tidur yang berkualitas. Jauhkan gawai dari jangkauan Anda setidaknya 1 jam sebelum tidur. Para peneliti dari Universitas Manchester menemukan bahwa cahaya biru yang dikeluarkan dari gawai dapat mengganggu keseimbangan kerja normal tubuh. Cahaya biru ini juga dapat mengurangi produksi melatonin dan kemudian mengganggu metabolisme tubuh.

YesDok Ads

Setop makan malam berlebihan

Ketika tubuh dalam kondisi tidur nyenyak, otak akan memancarkan hormon. Jika Anda makan terlalu larut, hormon ini akan menyimpan makanan sebagai lemak bukan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, biasakan makan malam paling lambat 2 jam sebelum tidur dan usahakan makanan tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan, sehingga tubuh bisa lebih cepat mencerna makanan sebelum Anda beristirahat.

Tidur dalam ruangan yang gelap

Tahukah Anda jika cahaya saat tidur bisa memberikan dampak pada berat badan Anda? Tidur dalam kondisi ruangan yang gelap akan memicu tubuh memproduksi hormon melatonin, yang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan membakar kalori lebih banyak. Jadi, jangan lupa matikan lampu sebelum tidur, ya!

(Foto: vigorbuddy.com)

YesDok Ads