Tidur Bantu Hilangkan Racun Dalam Otak

November 12, 2019 | Helmi

Tahukah Anda bahwa tidur ternyata membuat otak kita lebih sehat? Ini karena tidur nyenyak membantu tubuh Anda menghilangkan racun yang menumpuk selama Anda beraktivitas. Ini seperti otak Anda membuang sampah beracun yang Anda masukkan ke tubuh Anda pada siang hari.

Tetapi jawaban yang lebih kompleks menjelaskan bagaimana otak kita membuat keajaiban ini setiap malam. Proses pembersihan malam ini melibatkan dua jenis sel - sel mikroglial dan astrosit - yang selalu melakukan proses pembersihan.

Terletak di seluruh otak dan sumsum tulang belakang, sel mikroglial atau mikroglia adalah bentuk pertahanan kekebalan aktif pertama dan utama dalam sistem saraf pusat (SSP). Mikroglia adalah sel-sel kunci dalam pemeliharaan otak secara keseluruhan.

Mereka juga berperan dalam mencegah penyakit Alzheimer. Microglia membantu menghilangkan beta-amiloid, protein beracun yang biasa ditemukan pada otak penderita penyakit Alzheimer.

Para peneliti menggunakan electroencephalography (EEG) dan teknik fMRI (fungsional magnetic resonance imaging) canggih yang mampu menangkap perubahan pada tingkat yang lebih cepat daripada fMRI standar. 

Hal ini membuat peneliti menyimpulkan bahwa ketika aktivitas otak menyebabkan perubahan aliran darah, volume darah di otak berkurang, dan CSF kemudian mengalir masuk untuk mengisi ruang.

"Kami telah menemukan ada gelombang CSF yang sangat besar yang muncul di otak hanya saat tidur," ujar tim peneliti. "Efek ini sangat mengejutkan, dan kami juga tertarik pada artinya yang menjaga kesehatan otak, terutama pada gangguan seperti penyakit Alzheimer."

(Foto: New Atlas)

YesDok Ads