Tidak Sekadar Membakar Kalori, Ini Manfaat Kesehatan dari Olahraga

January 12, 2022 | Helmi

olahraga

Ketika berbicara tentang membakar kalori, hal ini identik dengan upaya menurunkan berat badan.

Para ahli mengatakan ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hanya membakar kalori tidak selalu sama dengan upaya untuk mendapatkan kesehatan yang baik.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua olahraga dan latihan bisa membakar kalori dengan optimal untuk menurunkan berat badan.

“Olahraga dan latihan dianggap penting dalam membakar kalori untuk tujuan penurunan berat badan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan dalam pengurangan berat badan kurang signifikan," kata Nataly Komova, ahli diet dan kebugaran terdaftar untuk JustCBD.

“Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan. Latihan membakar sejumlah kecil kalori tubuh secara keseluruhan.”

Komova mencatat bahwa tubuh manusia adalah mesin organik yang membutuhkan bahan bakar untuk menggantikan apa yang terbakar. 

Menurutnya, yang penting adalah jenis bahan bakar apa dan apa yang Anda lakukan setelah berolahraga.

“Semakin banyak Anda berolahraga, semakin besar kemungkinan Anda akan makan setelah sesi latihan,” kata Komova. 

YesDok Ads

“Meningkatkan makan menggantikan kalori yang terbakar dan menunda penurunan berat badan.”

“Diet sehat, menyediakan semua unsur nutrisi tetapi terbatas pada asupan kalori yang dilakukan secara tepat dengan ahli gizi, direncanakan untuk waktu yang lebih lama, akan membawa hasil yang baik ketika mempertimbangkan penurunan berat badan,” jelasnya.

Nilai olahraga jauh melampaui sekadar penurunan berat badan. Olahraga membuat hidup lebih lama, lebih sehat, memberi manfaat pada segala hal mulai dari fungsi otak hingga mengurangi stres hingga membentuk jantung yang lebih sehat dan melawan penyakit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) , bahkan olahraga harian dalam jumlah kecil dan sedang memiliki manfaat untuk kesehatan.

“Aktivitas sedang, seperti jalan cepat, mungkin hanya membakar 350 hingga 450 kalori per jam. Namun setelah berolahraga, tubuh Anda membutuhkan oksigen untuk pemulihan,” Rami Hashish, PhD, DPT, pendiri Institut Biomekanik Nasional di Los Angeles.

“Umumnya, CDC merekomendasikan bahwa orang harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas berat seminggu, bersama dengan latihan ketahanan untuk semua kelompok otot utama setidaknya dua kali per minggu,” sambungnya.

“Tetapi sementara ini adalah pedoman yang lebih umum, jumlah olahraga yang diperlukan untuk membakar kalori sebagian besar bergantung pada diet dan berapa banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat.”

YesDok Ads