Tidak Hanya Menyenangkan, Berkebun juga Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

January 10, 2023 | Helmi

manfaat berkebun bagi kesehatan

Berkebun menjadi hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Tapi ternyata kegiatan ini tidak hanya sekadar menyenangkan, melainkan memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di The Lancet Planetary Health melaporkan efek positif dari berkebun komunitas pada populasi orang dewasa. Menurut tim peneliti, aktivitas berbasis alam, seperti berkebun dapat mengurangi faktor risiko penyakit tidak menular dan kronis yang dapat dimodifikasi, termasuk pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan pemutusan hubungan sosial.

Dalam percobaan kegiatan berkebun yang dilakukan secara acak dan terkontrol, para peneliti menemukan bahwa mereka yang terlibat dalam aktivitas tersebut makan lebih banyak serat dan melakukan lebih banyak latihan fisik. Tingkat stres dan kecemasan mereka juga menurun secara signifikan.

Untuk penelitian tersebut, tim menyaring 493 orang dewasa antara 1 Januari 2017 dan 15 Juni 2019. Dari angka tersebut, 291 menyelesaikan pengukuran awal dan secara acak ditugaskan ke dua kelompok, intervensi dan kontrol.

Kelompok intervensi ditugaskan untuk melakukan berkebun komunitas dengan bantuan kursus berkebun dari ahli. Sebaliknya, kelompok kontrol harus menunggu satu tahun untuk mulai berkebun.

YesDok Ads

Semua peserta memakai monitor aktivitas selama penelitian. Mereka juga rutin menjalani pengukuran tubuh dan melakukan survei berkala tentang asupan gizi dan kesehatan mental mereka.

Setelah menganalisis data, tim melaporkan bahwa berkebun dapat memberikan "solusi berbasis alam" untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi faktor risiko kanker dan penyakit kronis lainnya pada orang dewasa.

"Temuan ini memberikan bukti nyata bahwa berkebun komunitas dapat memainkan peran penting dalam mencegah kanker, penyakit kronis, dan gangguan kesehatan mental," kata penulis senior Jill Litt, seorang profesor di Departemen Studi Lingkungan di CU Boulder.

Litt berharap dengan para ahli lainnya dapat  melihat temuan mereka dan mempertimbangkan untuk membuat taman komunitas dan ruang lain yang mendorong lebih banyak orang untuk berkumpul dan menikmati alam bersama.

Berikut manfaat berkebun bagi kesehatan. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads