Tidak Hanya Angkat Beban, Olahraga di Gym Harus Diikuti dengan Pola Hidup Sehat

March 24, 2023 | Iman

pola hidup sehat

Meningkatnya kesadaran akan hidup sehat  membuat tempat kebugaran atau gym kini tengah menjamur di masyarakat, banyak yang datang untuk melakukan bermacam-macam latihan dengan tujuan yang bervariasi juga.

Namun, penting untuk diketahui, walaupun identik dengan angkat beban dan aktivitas lainnya yang menguras tenaga, olahraga di tempat gym juga harus diikuti dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Binaragawan sekaligus personal trainer, Heintje Pojoh menjelaskan latihan gym sendiri punya banyak jenis seperti weight training, circuit training dan banyak berkembang melalui metode-metode.

"Setiap orang punya metode masing-masing saat latihan dan tergantung goals, kemudahan yang didapat dan hasil yang dicapai dengan metode latihan yang sudah ada," ucap Heintje.

Menurutnya, banyak orang datang ke gym dengan tujuan yang berbeda-beda seperti ingin menurunkan berat badan, membuat badan jadi fit, badan lebih berotot dan mempunyai bagian bokong yang kencang.

"Tapi Kebanyakan orang datang ke gym mau punya badan yang lebih berotot dan mengurangi body fat. Manfaat dari gym sama saja dengan manfaat dari olahraga juga seperti mengurangi stres dengan kita berolahraga minimal 30-45 menit sehari endorfin hormon kita keluar, orang kantor yang kebanyakan duduk begitu mereka datang ke tempat kebugaran jadi merasakan lebih sehat dan fresh," paparnya.

YesDok Ads

Jika ada orang yang ingin atau baru mau berolahraga, Heintje memberikan beberapa tips diantaranya persiapkan mental dan cara berpikir bahwa olahraga itu bagian dari gaya hidup. "Kalau ditanya kapan waktu yang tepat untuk berolahrag ya sekarang," imbuhnya.

Jika ingin hasil yang efektif dalam menjalani olahraga di gym, ia menambahkan bahwa kita harus suka dulu dengan olahraga dan setelah suka lalu ikuti apa yang ingin jadi goals saat berolahraga.

"Kemudian mulai mengatur gaya hidup kita, di dunia kebugaran itu tidak lepas dari yang namanya mengatur makan, istirahat dan latihan. Kalau saya cara berpikirnya, kalau kita mau hidup sampai berapa lama kita harus jaga kesehatan minimal menginvestasikan kesehatan lewat olahraga dan coba mengatur pola makan serta mencukupi kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: reload gym by HP)

YesDok Ads