Diet
+1

Tidak Boleh Makan Mentimun di Malam Hari, Mengapa?

August 21, 2020 | Claudia

Mentimun

Banyak orang menyukai mentimun, dan bahkan menjadikannya sebagai camilan sehari-hari. Dengan rasanya yang segar, mentimun bisa dinikmati dengan berbagai cara, baik itu memakannya mentah seperti dalam sajian lalapan, mencampurnya ke dalam semangkuk salad, atau menjadikannya sebagai acar.

Mengonsumsi mentimun dikenal dapat menyehatkan tubuh. Ini berkat kandungan tinggi vitamin K, antioksidan dan flavonol anti-inflamasi yang disebut dengan fisetin yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan otak.

Namun, tahukah Anda bahwa mentimun tidak disarankan untuk dikonsumsi di malam hari?

Anda selalu disarankan untuk tidak lagi makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Ini bertujuan agar tidak memberatkan sistem pencernaan Anda. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang berat dan penuh kalori, ini memerlukan banyak waktu bagi perut untuk mencernanya dengan baik, yang kemudian bisa berpengaruh pada siklus tidur Anda. Alasan ini juga yang membuat karbohidrat sebaiknya tak lagi dikonsumsi setelah jam 7 malam.

Beberapa sayuran seperti wortel, seledri, dan bahkan mentimun memang tampak mudah dicerna, padahal sebenarnya tidak. Meski Anda mengonsumsinya sebagai camilan, ketahuilah bahwa sayuran ini mengandung volume air yang cukup banyak. 95% kandungan dalam mentimun adalah air, sehingga mengonsumsinya bisa membuat Anda merasa kenyang dan bahkan kembung. Bayangkan jika Anda mengonsumsi mentimun di malam hari, ini bisa mengganggu tidur Anda.

YesDok Ads

Selain itu, kandungan air yang kaya dalam mentimun juga bisa membuat Anda lebih sering bolak-balik ke kamar mandi, yang tentunya menghambat Anda mendapatkan tidur yag berkualitas. 

Mentimun juga bukan makanan ringan yang ramah bagi penderita perut sensitif. Ini karena mentimun mengandung zat yang disebut cucurbitacin, yakni zat kuat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Gangguan pencernaan bisa menyebabkan perut kembung, yang juga bisa membuat Anda sulit beristirahat dengan nyaman. Orang-orang yang memiliki Irritable Bowel Syndrome (IBS) tidak disarankan untuk mengonsumsi mentimun secara berlebihan, karena bisa semakin mengganggu pencernaan mereka.

Sebagai tambahan, pastikan bahwa setiap kali Anda mengonsumsi mentimun, Anda tidak langsung mengonsumsi air setelahnya. Ini karena mentimun sudah mengandung banyak air, sehingga saat Anda meminum lebih banyak air lagi, ini akan mengencerkan nutrisi yang ada di dalam sayuran, dan Anda hanya akan mendapatkan manfaat yang minimal dari mentimun.

(Foto: freepik/vgstockstudio)

YesDok Ads