Tidak Bisa Sembarangan, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

December 10, 2022 | Helmi

cara menyikat gigi yang benar

Menyikat gigi setiap hari bukan hanya sekadar memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan mulut. Ini adalah cara untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh Anda juga. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari, selama 2 menit sesinya.

Ketika Anda menyikat dengan benar, Anda menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang dapat terkumpul di antara gigi dan lidah Anda. Ini dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan gaya hidup yang lebih sehat.

Langkah pertama untuk menyikat dengan benar adalah memastikan Anda siap dengan alat yang tepat. Seperti sebuah sikat gigi, pasta gigi berfluorida dan obat kumur (opsional).

Sikat gigi Anda harus diganti setiap 3 hingga 4 bulan. Jika sikat gigi Anda terlalu sering digunakan, bulunya bisa menjadi compang-camping dan kemampuannya untuk membersihkan gigi jelas akan berkurang.

Pasta gigi berfluoride melindungi gigi Anda dari pembusukan. Beberapa anak kecil tidak boleh menggunakan pasta gigi berfluorida. Namun, ADA tetap merekomendasikan bahwa:

  • anak-anak di bawah usia 3 tahun yang gigi pertamanya telah tumbuh dapat menggunakan olesan pasta gigi berfluoride seukuran butiran beras
  • anak usia 3 hingga 6 tahun dapat mulai menggunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong
  • Pasta gigi khusus bebas fluoride juga tersedia untuk anak-anak yang lebih kecil jika Anda khawatir pasta gigi akan tertelan.

Berikut ini adalah cara untuk menyikat gigi dengan benar:

  1. Lumasi sikat Anda dengan sedikit air. Taruh sedikit pasta gigi - seukuran kacang polong - di kepala sikat gigi.
  2. Masukkan sikat gigi ke dalam mulut Anda dengan sudut sekitar 45 derajat dari gusi Anda dan gunakan sapuan lembut dan pendek untuk menyikat gigi depan Anda.
  3. Sikat permukaan luar gigi Anda, pastikan untuk menyikat gigi geraham belakang dan bagian atas permukaan gigi yang biasa digunakan untuk mengunyah.
  4. Balikkan sikat gigi untuk menyikat permukaan bagian dalam gigi depan atas Anda. Balikkan ke belakang untuk bisa menjangkau permukaan bagian dalam gigi depan bawah Anda.
  5. Sikat lidah Anda untuk menghilangkan penumpukan bakteri atau plak yang menempel di sana selama proses menyikat.
  6. Keluarkan sisa-sisa pasta gigi, air liur, dan air. Akhiri dengan berkumur dengan air dingin.

Demikian cara menyikat gigi yang benar, semoga bisa segera Anda praktikkan saat membersihkan gigi di pagi hari dan malam hari.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda, pada dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads