Tetap Jaga Kesehatan Fisik Selama Pandemi

August 08, 2021 | Iman

Olahraga di rumah

Menjaga kesehatan fisik dengan memastikan asupan nutrisi yang tepat dan tetap bergerak aktif merupakan salah satu bentuk self-care yang penting di masa pandemi saat ini.

Para ahli mengatakan, Untuk memastikan kita tetap memiliki kesehatan di saat ini dan di usia emas nanti, penting untuk menjaga gaya hidup sehat dan aktif sejak dini. 

Latihan fisik dapat dilakukan dengan hal yang paling mudah dan dapat dilakukan di rumah saja seperti misalnya berjalan, berlari, dan melompat. 

Namun untuk dapat mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh dan menghindari risiko terjadinya cedera olahraga, maka latihan fisik tersebut harus dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur, serta tercukupi nutrisi. 

Tubuh membutuhkan asupan cairan dan nutrisi yang bisa mendukung kebutuhan energi dalam melakukan latihan fisik, dan membantu peningkatan kekuatan tulang, sendi dan otot seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan juga protein, serta berbagai nutrisi tambahan seperti magnesium, zinc dan kalium.

YesDok Ads

Tips untuk memulai latihan fisik diantaranya memperhatikan gerakan yang menyebabkan nyeri, mulai dari yang ringan dan tingkatkan latihan secara bertahap sesuai kemampuan hingga tetapkan goal yang hendak dicapai. 

Contohnya jalan cepat selama 15 menit 3 kali seminggu dalam 1 bulan, sementara itu untuk latihan daya tahan jantung-paru kita bisa coba jalan cepat di treadmill, bersepeda di atas sepeda statis, melompat dan senam sambil duduk.

Sementara itu Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam aktivitas fisik adalah pastikan minum air dengan cukup untuk mencegah dehidrasi.

Minum air kurang lebih 500ml sekitar 2 jam sebelum latihan, minum air secara berkala misalnya setiap 15 menit selama latihan dan minum air sesudah latihan secukupnya untuk menggantikan pengeluaran keringat.

YesDok Ads