Terwalah! Karena Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

July 25, 2019 | Kaifia

Tertawa merupakan perasaan terbaik yang pernah ada. Selain membangun kedekatan, tertawa dapat menyehatkan Anda. 

Tertawa dapat memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat dalam tubuh. Tertawa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungi Anda dari efek stres yang merusak. Tidak ada yang bekerja lebih cepat untuk mengembalikan pikiran dan tubuh Anda daripada tawa yang baik. 

Humor bisa meringankan beban Anda, mempererat koneksi Anda dengan orang lain, dan membuat Anda menjalani kehidupan ini dengan ceria, fokus, dan waspada. Ini juga membantu Anda melepaskan kemarahan dan memaafkan lebih cepat.

Ketika kita masih anak-anak, kita seringkali bersenda gurau, tertawa terbahak-bahak tetapi seiring bertambahnya usia, hidup cenderung lebih serius dan tertawa hanya sedikit. 

Dengan tertawa, Anda dapat meningkatkan kesehatan emosi Anda, memperkuat hubungan Anda, menemukan kebahagiaan yang lebih besar  dan bahkan menambah masa hidup Anda.

Manfaat tertawa untuk kesehatan yang belum Anda sadari

Merilekskan seluruh tubuh. 

Tawa yang baik dapat mengurangi ketegangan fisik dan stres, membuat otot Anda rileks hingga 45 menit setelahnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

YesDok Ads

Senyum yang lebar ini bisa mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit.

Memicu pelepasan endorfin.

Endorfin adalah bahan kimia alami yang terasa nyaman bagi tubuh. Endorfin meningkatkan rasa senang dan bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu.

Menurunkan risiko terkena jantung.

Tertawa dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi Anda terhadap serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Membakar kalori. 

Suatu penelitian menemukan bahwa tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari dapat membakar sekitar 40 kalori yang cukup untuk menurunkan tiga atau empat pound selama setahun.

(Foto: hub25.org)

YesDok Ads